dc.description.abstract | Konsep geometri merupakan bagian dari pengembangan kognitif anak usia
dini terutama pada usia 3-4 tahun. Pada tahap ini anak diharapkan dapat belajar
berkosentrasi, anak dapat menjalankan secara seimbang antara koordinasi mata
dan tangan serta mengenal dan memahami bangun geometri secara langsung.
Pembelajaran geometri hendaknya difokuskan pada penyelidikan dan
pemanfaatan ide-ide, sifat-sifat, dan hubungan antar bangun-bangun
geometri.Pengertian yang dimaksud dalam penguasaan konsep geometri pada
anak usia dini yaitu bangun datar sederhana ( segitiga, segi empat, lingkaran) yang
sama dan posisinya dalam suatu ruang. Kenyataannya, pada kelompok B TK Nira
Indria kecamatan Gending kabupaten Probolinggo pembelajaran kognitif tentang
konsep geometri, guru memberikan pemahaman visual kolosal dalam kelas pada
anak. Pembelajaran menjadi tidak menarik dan membosankan, kurang
memberikan anak aktif, serta kurang mewujudkan interaksi antar anak. Sehingga
kelas menjadi ramai dan anak tidak menguasai secara mendasar pengenalan
konsep awal geometri pada usia dini.
Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah: 1). Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran index card match
dalam meningkatkan penguasaan konsep geometri di kelompok B TK Nira Indria
Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016? 2).
Bagaimanakah peningkatan penguasaan konsep geometri melalui strategi
pembelajaran index card match di kelompok B TK Nira Indria Kecamatan
Gending Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016 ? Berdasarkan
rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan
penerapan strategi pembelajaran index card match dalam meningkatkan
penguasaan konsep geometri di kelompok B TK Nira Indria Kecamatan Gending
Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Meningkatkanxi
penguasaan konsep geometri melalui strategi pembelajaran index card match di
kelompok B TK Nira Indria Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo Tahun
Pelajaran 2015/2016.
Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Nira Indria kecamatan
Gending kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK), rancangan penelitian yang digunakan
adalah model Kemmis dan Mc Taggart menggunakan 4 tahap yaitu perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Tindakan penelitian dilaksanakan dalam 2
siklus, metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode observasi,
wawancara, dokumentasi, dan tes praktik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan strategi pembelajaran
melalui index card match dapat meningkatkan penguasaan konsep geometri pada
anak kelompok B di TK Nira Indria kecamatan Gending kabupaten Probolinggo
yaitu melalui tahap guru menyampaikan tujuan pembelajaran, menunjukkan
media, menjelaskan materi, mempraktekkan cara belajar dan bermain
menggunakan kartu index card match secara detail, dan tanya-jawab tentang
permainan yang telah dilalui, 2) peningkatan penguasaan konsep geometri melalui
strategi index card match di kelompok B TK Nira Indria kecamatan gending
kabupaten Probolinggo setelah diterapkan strategi pembelajaran melalui index
card match pada siklus I yaitu dari 19 anak terdapat 14 anak yang sudah tuntas
dalam pembelaran dan terdapat 5 anak yang belum tuntas dan pada siklus II dapat
diketahui dari 19 anak terdapat 17 anak yang sudah tuntas dalam pembelajaran
dan terdapat 2 anak yang belum tuntas. Berdasarkan hasil analisis maka dapat di
simpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran index card match dapat
meningkatkan penguasaan konsep geometri anak kelompok B di TK Nira Indria
kecamatan Gending kabupaten Probolinggo. Saran bagi guru, hendaknya dapat
menerapkan strategi pembelajaran index card match sebagai alternatif dalam
proses pembelajaran, khususnya dalam meningkatkan penguasaan konsep
geometri anak, bagi kepala sekolah hendaknya memfasilitasi dan memperbanyak
media dalam meningkatkan penguasaan konsep geometri anak. | en_US |