Show simple item record

dc.contributor.advisorSUDARTI
dc.contributor.advisorSUBIKI
dc.contributor.authorHimah, FAIQOTUL
dc.date.accessioned2016-11-17T02:33:18Z
dc.date.available2016-11-17T02:33:18Z
dc.date.issued2016-11-17
dc.identifier.nimNIM120210102025
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77944
dc.description.abstractProses pembelajaran yang dikendaki berdasarkan kurikulum 2013 adalah proses pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan sifat pembelajaran yang kontekstual. Jadi, pada dasarnya pembelajaran saat ini menuntut siswa lebih berperan aktif dalam menemukan dan mengembangkan pengetahuan. Oleh karena itu, siswa tidak hanya dituntut memiliki kemampuan berpikir tingkat rendah atau lower order thinking saja, tetapi sampai pada kemampuan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking. Salah satu cara untuk dapat melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yaitu dengan memberikan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Namun pada kenyataannya di sekolah, tes yang diberikan masih belum berorientasi untuk melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Selain itu seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, saat ini dapat dilakukan tes berbasis komputer dengan menggunakan sistem aplikasi website. Akan tetapi pada kenyataannya pelaksanaan tes dilapangan masih cenderung bersifat konvensional. Padahal tes yang masih bersifat konvensional ini memiliki beberapa masalah diantaranya yaitu kurang efektif, efisien, tidak menarik dan tidak up to date. Satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu mengembangkan paket tes berpikir tingkat tinggi yang dikemas dengan memanfaatkan komputer. Oleh sebab itu, diadakanlah penelitian pengembangan instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT) pada mata pelajaran fisika di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan validitas logis instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBTHOT) pada mata pelajaran fisika di SMA, (2) mendeskripsikan validitas empiris instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT) pada mata pelajaran fisika di SMA, (3) mendeskripsikan reliabilitas instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT) pada mata pelajaran fisika di SMA, dan (4) mendeskripsikan respon siswa setelah melaksanakan tes dengan menggunakan instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBTHOT) pada mata pelajaran fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg and Gall yang dilakukan sampai tahap ketujuh. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember. Hasil analisis deskriptif untuk validitas logis instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT) pada mata pelajaran fisika di SMA diperoleh sebesar 79,4% dengan tingkat validitas valid. Sedangkan untuk validitas empiris instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT) mencapai tingkat validitas sangat valid dengan skor 92.1%. Selanjutnya, analisis hasil uji reliabilitas terhadap instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT) dinyatakan bahwa paket tes A, B, C, dan E memiliki reliabilitas dengan kategori sedang karena berada pada interval 0,40 ˂ r ≤ 0,60, sedangkan paket tes D memiliki reliabilitas dengan kategori tinggi karena berada pada interval 0,60 ˂ r ≤ 0,80. Respon siswa terhadap instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT) pada mata pelajaran fisika di SMA adalah positif untuk aspek kualitas teknik sebesar 94,9% dan aspek kualitas instruksional sebesar 99,3%. Berdasarkan hasil analisis data di yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa 1) validitas logis instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT) pada mata pelajaran fisika di SMA dikategorikan valid, 2) validitas empiris instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT) pada mata pelajaran fisika di SMA dikategorikan sangat valid, 3) hasil dari uji reliabilitas produk menunjukkan bahwa paket tes A, B, C, dan E memiliki reliabilitas dengan kategori sedang, sedangkan paket tes D memiliki reliabilitas dengan kategori tinggi, dan 4) respon siswa terhadap instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT) pada mata pelajaran fisika di SMA adalah positif.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210102025;
dc.subjectComputer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT)en_US
dc.subjectInstrumen Tesen_US
dc.subjectPelajaran Fisikaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN INSTRUMEN TES COMPUTER BASED TEST-HIGHER ORDER THINKING (CBT-HOT) PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record