dc.description.abstract | IPA merupakan gabungan ilmu dari fisika, kimia dan biologi. Sehingga
dalam proses pembelajarannya IPA seharusnya diajarkan secara terpadu atau dikemas
dalam satu tema tertentu yang mencakup tiga bidang ilmu tersebut. Fakta di lapangan
menunjukkan bahwa pelajaran IPA dalam penyampaiannya masih kurang terintegrasi
antara materi fisika, biologi maupun kimia. Salah satu faktor penyebabnya adalah
buku-buku yang digunakan siswa dan guru masih terdapat pemisahan bidang studi.
Belum dikembangkannya bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum ditambah kurang
aktifnya siswa dalam mencari bahan ajar, sehingga mereka hanya menggunakan buku
paket dari sekolah dan LKS. Selain itu buku paket yang didistribusikan oleh pusat ke
sekolah jumlahnya kurang memadai. Kurangnya referensi tersebut membuat peserta
didik malas untuk belajar dengan buku paket, karena materi yang susah dimengerti
dan kurang menarik. Selain itu berdasarkan hasil angket yang dibagikan oleh peneliti
di beberapa sekolah, 20% siswa menyatakan jarang membawa buku paket
dikarenakan terlalu besar, berat dan tebal. Rasa malas yang peserta didik dikarenakan
kurangnya motivasi mereka untuk belajar. Oleh sebab itu, untuk mendukung
berjalannya proses pembelajaran sangat diperlukan adanya pengembangan bahan ajar
yang praktis dan dapat membantu siswa memahami konsep-konsep IPA dengan
mudah serta menjadikan siswa lebih aktif dan mampu untuk belajar mandiri. Sumber
belajar alternatif yang dikembangkan melalui penelitian ini adalah pocketbook
sahabat IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengkaji validitas pocketbook
sahabat IPA, (2) mengkaji efektivitas pocketbook sahabat IPA, serta (3) mengetahui
respon siswa.
Responden dalam uji pengembangan ini adalah siswa kelas VIII C SMP
Negeri 2 Rambipuji yang berjumlah 36 orang. Populasi dari penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII di sekolah tersebut. Penentuan responden uji pengembangan
dilakukan melalui cara purposive sampling yang dilakukan pada tahap analisis siswa
dalam desain 4D. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran
2015/2016. Sumber data dalam penelitian ini adalah lembar hasil validasi logic,
validasi pengguna, lembar pos-test siswa dan angket respon siswa terhadap bahan
ajar. Berdasarkan hasil validasi oleh beberapa ahli bahan ajar ini tergolong sangat
valid. Berdasarkan uji coba terbatas bahan ajar ini tergolong dalam kriteria efektifitas
yang sangat efektif. Dari hasil analisis angket respon siswa menyatakan bahwa
sebagian besar siswa setuju dengan dipergunakannya pocketbook sahabat IPA pada
materi indra pendengaran dan sistem sonar.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa 1)
Validitas logic pocketbook sahabat IPA pada materi indra pendengaran dan sistem
sonar di SMP termasuk dalam kategori sangat valid. Hal ini karena nilai yang
diperoleh dari proses validasi ahli dari tiga dosen mencapai 81% dan validasi
pengguna mencapai 88%; 2) Efektivitas pocketbook sahabat IPA pada materi indra
pendengaran dan sistem sonar di SMP termasuk dalam kategori sangat valid. Hal ini
karena nilai yang diperoleh uji coba lapangan terbatas terhadap 36 siswa mencapai
82,58%; 3) Respon siswa terhadap pocketbook sahabat IPA pada materi indra
pendengaran dan sistem sonar di SMP termasuk dalam kategori positif karena
sebagian besar siswa merespon positif semua aspek yang dimunculkan dalam angket
respon atau dengan kata lain siswa merasa tertarik dengan pocketbook sahabat IPA
pada materi indra pendengaran dan sistem sonar digunakan dalam pembelajaran. | en_US |