Show simple item record

dc.contributor.advisorPrihandono, Trapsilo
dc.contributor.advisorHandayani, Rif’ati Dina
dc.contributor.authorWulandari, Triana
dc.date.accessioned2016-11-16T08:30:38Z
dc.date.available2016-11-16T08:30:38Z
dc.date.issued2016-11-16
dc.identifier.nim120210102023
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77908
dc.description.abstractIPA merupakan gabungan ilmu dari fisika, kimia dan biologi. Sehingga dalam proses pembelajarannya IPA seharusnya diajarkan secara terpadu atau dikemas dalam satu tema tertentu yang mencakup tiga bidang ilmu tersebut. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa pelajaran IPA dalam penyampaiannya masih kurang terintegrasi antara materi fisika, biologi maupun kimia. Salah satu faktor penyebabnya adalah buku-buku yang digunakan siswa dan guru masih terdapat pemisahan bidang studi. Belum dikembangkannya bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum ditambah kurang aktifnya siswa dalam mencari bahan ajar, sehingga mereka hanya menggunakan buku paket dari sekolah dan LKS. Selain itu buku paket yang didistribusikan oleh pusat ke sekolah jumlahnya kurang memadai. Kurangnya referensi tersebut membuat peserta didik malas untuk belajar dengan buku paket, karena materi yang susah dimengerti dan kurang menarik. Selain itu berdasarkan hasil angket yang dibagikan oleh peneliti di beberapa sekolah, 20% siswa menyatakan jarang membawa buku paket dikarenakan terlalu besar, berat dan tebal. Rasa malas yang peserta didik dikarenakan kurangnya motivasi mereka untuk belajar. Oleh sebab itu, untuk mendukung berjalannya proses pembelajaran sangat diperlukan adanya pengembangan bahan ajar yang praktis dan dapat membantu siswa memahami konsep-konsep IPA dengan mudah serta menjadikan siswa lebih aktif dan mampu untuk belajar mandiri. Sumber belajar alternatif yang dikembangkan melalui penelitian ini adalah pocketbook sahabat IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengkaji validitas pocketbook sahabat IPA, (2) mengkaji efektivitas pocketbook sahabat IPA, serta (3) mengetahui respon siswa. Responden dalam uji pengembangan ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Rambipuji yang berjumlah 36 orang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di sekolah tersebut. Penentuan responden uji pengembangan dilakukan melalui cara purposive sampling yang dilakukan pada tahap analisis siswa dalam desain 4D. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Sumber data dalam penelitian ini adalah lembar hasil validasi logic, validasi pengguna, lembar pos-test siswa dan angket respon siswa terhadap bahan ajar. Berdasarkan hasil validasi oleh beberapa ahli bahan ajar ini tergolong sangat valid. Berdasarkan uji coba terbatas bahan ajar ini tergolong dalam kriteria efektifitas yang sangat efektif. Dari hasil analisis angket respon siswa menyatakan bahwa sebagian besar siswa setuju dengan dipergunakannya pocketbook sahabat IPA pada materi indra pendengaran dan sistem sonar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa 1) Validitas logic pocketbook sahabat IPA pada materi indra pendengaran dan sistem sonar di SMP termasuk dalam kategori sangat valid. Hal ini karena nilai yang diperoleh dari proses validasi ahli dari tiga dosen mencapai 81% dan validasi pengguna mencapai 88%; 2) Efektivitas pocketbook sahabat IPA pada materi indra pendengaran dan sistem sonar di SMP termasuk dalam kategori sangat valid. Hal ini karena nilai yang diperoleh uji coba lapangan terbatas terhadap 36 siswa mencapai 82,58%; 3) Respon siswa terhadap pocketbook sahabat IPA pada materi indra pendengaran dan sistem sonar di SMP termasuk dalam kategori positif karena sebagian besar siswa merespon positif semua aspek yang dimunculkan dalam angket respon atau dengan kata lain siswa merasa tertarik dengan pocketbook sahabat IPA pada materi indra pendengaran dan sistem sonar digunakan dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPocketbook Sahabat IPAen_US
dc.subjectMateri Indra Pendengaran Dan Sistem Sonaren_US
dc.titlePENGEMBANGAN POCKETBOOK SAHABAT IPA PADA MATERI INDRA PENDENGARAN DAN SISTEM SONAR DI SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record