dc.description.abstract | Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A1 Tk Aisyiyah Bustanul Athfal
02 Balung Kulon dengan jumlah anak 16 yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 5
anak perempuan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran
2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan non tes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus
anak kelompok A1 setelah diberikan tindakan dengan menerapkan kegiatan bermain
plastisin pada pembelajaran motorik halus yaitu pada siklus I dilakukan dengan
menjelaskan dan memberi contoh kepada anak cara membuat bentuk dengan teknik,
dan gerakan jari-jemari yang benar dengan membuat bentuk dasar terlebih dahulu
yaitu bentuk bulat dan panjang, menggunakan plastisin dan LKS, masing-masing
anak 4 plastisin dengan warna berbeda, membagi 16 anak menjadi 2 kelompok.
Siklus II yang dilakukan hampir sama dengan siklus I, tetapi pada siklus II tidak
menggunakan LKS melainkan menggunakan plastisin dan piring kue tar, membagi
kelompok 16 anak menjadi 6 kelompok, membagikan plastisin 1 kelompok 1 wadah
berisi plastisin berbagai macam warna. Diketahui nilai rata-rata hasil belajar anak
siklus I sebesar 75,49% dengan kualifikasi sangat baik, dan pada siklus II
menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan perolehan nilai rata-rata kelas
sebesar 85,38% hasil tersebut masuk dalam kualifikasi sangat baik.. | en_US |