dc.contributor.advisor | SULARSO, R. Andi | |
dc.contributor.advisor | IRAWAN, Bambang | |
dc.contributor.author | HARDININGTYAS, Ria Sri | |
dc.date.accessioned | 2016-11-16T02:33:18Z | |
dc.date.available | 2016-11-16T02:33:18Z | |
dc.date.issued | 2016-11-16 | |
dc.identifier.nim | NIM140820101051 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77862 | |
dc.description.abstract | Penelitian
ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi intensi perilaku
nasabah atas layanan internet banking dengan mengadopsi kerangka konseptual
Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada
tahun 1989. Penelitian ini merupakan penelitian replikasi dengan menambah satu
variabel independen yaitu variabel persepsi resiko. Peneliti mengambil sampel di
PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. cabang Jember. Pengumpulan data dilakukan
dengan menyebar 200 kuesioner kepada nasabah PT Bank Muamalat Indonesia,
Tbk. cabang Jember yang menggunakan layanan internet banking. Teknik
analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan software
AMOS versi 22. Hasil dari pengujian data menunjukkan bahwa persepsi
kegunaan, kemudahan penggunaan, dan risiko mempengaruhi secara signifikan
terhadap sikap penggunaan internet banking namun variabel intensi perilaku
penggunaan hanya dipengaruhi secara signifikan oleh variabel persepsi
kemudahan penggunaan dan tidak dipengaruhi secara signifikan variabel persepsi
kegunaan dan risiko. Variabel sikap mempengaruhi secara signifikan intensi
perilaku penggunaan internet banking. Hasil tersebut menunjukkan bahwa intensi
perilaku penggunaan layanan internet banking dipengaruhi paling utama oleh
faktor kemudahan penggunaan. Layanan yang berguna belum tentu akan tetap
digunakan bila dirasa sulit untuk dioperasikan. Faktor resiko ternyata tidak
sampai mempengaruhi intensi nasabah untuk tetap menggunakan layanan internet
banking. Hal ini berimplikasi pada pengembangan layanan internet banking PT
Bank Muamalat Indonesia, Tbk. cabang Jember seharusnya lebih berfokus pada
kemudahan aplikasi dan sosialisasi terkait cara penggunaan agar layanan ini tetap
dan semakin digunakan oleh nasabah sehingga pada akhirnya dapat menurunkan
biaya operasional bank dalam memberikan layanan transaksi perbankan. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 140820101051; | |
dc.subject | Technology Acceptance Model (TAM) | en_US |
dc.subject | Internet Banking | en_US |
dc.title | PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, RESIKO TERHADAP SIKAP DAN INTENSI PERILAKU NASABAH DALAM PENGGUNAAN INTERNET BANKING DI PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK CABANG JEMBER | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |