Show simple item record

dc.contributor.advisorWIDJAJANTI, Anita
dc.contributor.advisorHUSNIAH, Furoidatul
dc.contributor.authorKHAMALIN, Ericha Nur
dc.date.accessioned2016-11-16T02:33:17Z
dc.date.available2016-11-16T02:33:17Z
dc.date.issued2016-11-16
dc.identifier.nimNIM120210402029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77861
dc.description.abstractKarya tulis ilmiah merupakan tulisan yang memaparkan suatu pembahasan ilmiah melalui kalimat-kalimat. Salah satu bentuk karya ilmiah yang wajib disusun mahasiswa adalah skripsi. Skripsi merupakan karya tulis ilmiah mahasiswa yang berisi informasi, gagasan, kajian ilmu, temuan hasil penelitian sesuai dengan bidang keilmuan yang dipelajari. Skripsi ditulis menggunakan bahasa Indonesia ragam ilmiah. Bahasa ilmiah adalah bahasa yang jelas, efektif, sesuai, bebas dari sifat samar-samar, dan tidak ambigu. Bahasa ilmiah dapat dicapai, salah satunya dengan menggunakan kalimat efektif. Setelah observasi, masih terdapat penggunaan kalimat tidak efektif dalam skripsi mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jember, khususnya pada bagian latar belakang. Agar mendapat data yang bervariasi, peneliti mengidentifikasi kalimat tidak efektif berdasarkan ciri keutuhan, kekoherensian, keparalelan, kelogisan, dan kehematan. Berdasarkan penjelasan di atas, masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) bentuk kalimat tidak utuh, (2) bentuk kalimat tidak koheren, (3) bentuk kalimat tidak paralel, (4) bentuk kalimat tidak logis, (5) bentuk kalimat tidak hemat dalam latar belakang skripsi mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, sedangkan rancangan penelitiannya adalah deskriptif. Data penelitian berupa kalimat-kalimat tidak efektif dalam latar belakang skripsi mahasiswa PBSI Universitas Jember angkatan 2011 periode wisuda Agustus 2015. Sumber data penelitian adalah latar belakang naskah skripsi mahasiswa PBSI Universitas Jember. Metode analisis data terdiri dari tiga hal, yakni (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Instrumen utama dalam penelitian adalah peneliti sebagai pengamat data. Selain itu, digunakan juga instrument pendukung seperti tabel pengumpul data dan tabel analisis data. Prosedur penelitian terdiri atas tiga tahap, yakni (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap penyelesaian. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa masih banyak penggunaan kalimat tidak efektif dalam latar belakang skripsi mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jember. Kalimat tidak efektif yang digunakan meliputi hal-hal sebagai berikut, (1) bentuk kalimat tidak utuh, terdiri kalimat tidak memiliki subjek, predikat, dan objek (apabila diperlukan), subjek dan predikat terpisah terlalu jauh, tidak memerhatikan keterangan tambahan dengan klausa tanswasta yang, tidak memerhatikan kata penghubung intrakalimat dan antarkalimat, (2) bentuk kalimat tidak koheren, terdiri atas urutan kata tidak memperjelas kalimat, kesalahan penggunaan preposisi, kesalahan penggunaan kata hubung, (3) bentuk kalimat tidak paralel, disebabkan oleh konstruksi gagasan dalam susunan serial yang tidak sama bentuk, (4) bentuk kalimat tidak logis, terdiri atas pemilihan kata yang tidak sesuai, penanggalan kata tertentu yang membuat ambigu, dan susunan kata atau frasa yang tidak logis, (5) bentuk kalimat tidak hemat, terdiri atas pengulangan kata yang telah dituliskan, pengulangan subjek kalimat, penguraian kata yang tidak perlu, pleonasme, penulisan tanggal, bulan, dan tahun yang tidak tepat, serta penggunaan kata hubung bahwa yang tidak perlu. Berdasarkan uraian di atas, saran yang dapat diberikan kepada dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dapat menjadikan hasil penelitian sebagai bahan diskusi mata kuliah Sintaksis dan Menulis. Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang sedang menulis skripsi hendaknya mengadakan diskusi mengenai penggunaan kalimat tidak efektif dalam skripsi. Bagi guru bahasa Indonesia, hasil penelitian dapat dijadikan dijadikan acuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa, khususnya pada kurikulum 2013. Bagi peneliti sebidang ilmu yang meneliti kalimat tidak efektif., hasil penelitian dapat dikembangkan selain dari segi bentuk-bentuk kalimat tidak efektif, yaitu dari sisi faktor penyebab yang melibatkan objek secara langsung.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210402029;
dc.subjectKalimat Tidak Efektifen_US
dc.subjectKarya Tulis Ilmiahen_US
dc.titleKALIMAT TIDAK EFEKTIF DALAM SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record