dc.description.abstract | Hasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa pengembangan
pedoman model pembelajaran PDC yang berisikan deskripsi ketujuh karakteristik
model oleh validator ahli dinilai valid. Hasil validasi logis dari 2 dosen ahli dan 2
guru profesional, validasi pengguna guru mata pelajaran IPA, dan validasi audience
dari penilaian angket respon siswa oleh 34 siswa kelas VIII D menunjukkan kriteria
valid.Masing-masing sebesar 78,13%untuk validasi logis, 79,17% untuk validasi
pengguna, dan 76,04% untuk validasi audience dinyatakan valid. Untuk efektifitas
model pembelajaran PDC dilihat dari nilai hasil belajar, aktivitas siswa dan retensi
hasil belajar. Nilai siklus 1adalah 0,42 kategori sedang, siklus 2 adalah 0,80 ketegori
tinggi, siklus 3 adalah 0,81 kategori tinggi. Aktivitas siklus 1 adalah 91,67 kategori
sangat aktif, siklus 2 adalah 94,48 kategori sngat aktif, siklus 3 adalah 96,32 kategori
sangat aktif. Retensi siswa siklus 1 adalah 79,17, siklus 2 adalah 94,70, siklus 3
adalah 95,29. Maka model pembelajaran PDC untuk pembelajaran IPA di SMP
sangat efektif.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini
adalah: (1) Pengembangan model pembelajaran PDC untuk pembelajaran IPA di
SMP adalah valid yang terdiri dari validitas ahli, validitas pengguna dan validitas; (2)
Pengembangan Model Pembelajaran IPA diSMP sangat valid yang tersiri dari nilai
hasil belajar, aktivitas siswa dan retensi hasil belajar. | en_US |