dc.description.abstract | Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA di SD Muhammadiyah 1 Jember
dengan jumlah siswa 38 yang terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil
observasi hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar
siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan skor rata-rata hasil
belajar siswa pada siklus 1 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa (penilaian sikap)
mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar 13 poin dari 63 menjadi 76. Pada
siklus II, skor rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I
sebesar 9,05 poin dari 76 menjadi 85,05. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus
I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa (penilaian pengetahuan) mengalami
peningkatan dari prasiklus sebesar 20,19 poin dari 59,31 menjadi 79,5. Pada siklus II,
skor rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 5,86
poin dari 79,5 menjadi 85,36. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa (penilaian keterampilan) mengalami
peningkatan dari prasiklus sebesar 16,37 poin dari 61,26 menjadi 77,63. Pada siklus
II, skor rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar
10,37 poin dari 77,63 menjadi 88. | en_US |