ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN PADA KELOMPOK KELAS TERTENTU (Studi kasus pada Rumah Sakit Islam (RSI) Hasanah Mojokerto)
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien pada Rumah Sakit Islam (RSI) Hasanah Mojokerto. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang pengambilannya dilakukan dengan kuesioner yang dibagikan kepada para responden. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari instansi terkait. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien pada Rumah Sakit Islam (RSI) Hasanah Mojokerto. Pembuktian hipotesis menggunakan uji statistik regresi secara simultan (Uji F) dan uji regresi parsiel (Uji T). Berdasarkan basil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien pada Rumah Sakit Islam (RSI) Hasanah Mojokerto adalah faktor harga, faktor fasilitas, faktor pelayanan, faktor lokasi, faktor lingkungan, dan faktor komunikasi. Dari ke enam faktor atau variabel tersebut ternyata secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Islam (RSI) Hasanah Mojokerto. Pengaruh variabel-variabel bebas terhadap kepuasan pasien secara parsial semuanya signifikan. Adapun dari ke enam variabel tersebut yang paling dominan adalah variabel pelayanan.
Collections
- MT-Management [539]