Analisis Model Pembelajaran Yang Sering Digunakan Dalam Pembelajaran IPA Oleh Guru IPA SMP di Banyuwangi
Abstract
Penelitian ini adalah tentang analisis model pembelajaran yang sering digunakan dalam pembelajaran IPA oleh guru IPA SMP di Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilakukan pada bulan Juli 2015, dengan responden 20 guru IPA dari 8 SMP/MTs Negeri/Swasta di Banyuwangi. Instrumen penelitian ini berupa angket yang memaparkan sejumlah pertanyaan tertulis untuk dijawab secara tertulis oleh responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dalam bentuk presentase dengan bantuan Excel for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang sering digunakan dalam pembelajaran IPA oleh guru IPA SMP di Banyuwangi adalah ceramah, diskusi, PBL, Inquiri dan STAD. Sebanyak 6 orang (30%) sering menggunakan model ceramah, 6 orang (30%) menggunakan diskusi, 10 orang (50%) menggunakan model PBL, 3 orang (15%) menggunakan model inkuiri, dan 2 orang (10%) menggunakan model STAD
Collections
- SRA-Education [1352]