LKS MULTIREPRESENTASI DISERTAI KARTUN FISIKA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI MAN 2 JEMBER
View/ Open
Date
2016Author
Nicky Anggraini
Subiki
Pramudya Dwi Aristya Putra
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah produk pembelajaran berupa LKS Multirepresentasi disertai Kartun Fisika dalam pembelajaran fisika di SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dan menggunakan desain penelitian 4D yang kemudian dimodifikasi menjadi 3D (Define, Design, dan Develop). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2016 di MAN 2 Jember pada kelas X IPA 2. Perlunya sebuah bahan ajar yang dapat menjelaskan konsep fisika dengan empat representasi, yaitu representasi verbal, matematik, grafik, dan gambar guna untuk mengukur kemampuan multirepresentasi siswa pada pokok bahasan fluida statis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Tehnik perolehan data menggunakan lembar validasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan berkategori valid dengan skor perolehan rata-rata 87,93% yang diperoleh berdasarkan penskoran dari validator yang dirata-rata berdasarkan aspek penilaian. Kemampuan multirepresentasi verbal, matematik, grafik, dan gambar diuji menggunakan N-gain dengan hasil tes esaay siswa didapatkan nilai sebesar nilai 0,595. Nilai tersebut berada pada rentang ( 0,3≤ g ≤ 0,7 ), sehingga nilai yang didapat berkategori sedang. Prosentase perbedaan skor pre-test dan skor post-test sebesar 36%.
Collections
- SRA-Education [1352]