Show simple item record

dc.contributor.advisorSusanto
dc.contributor.advisorErvin Oktavianingtyas
dc.contributor.authorFaiqotul H.P.M
dc.contributor.authorSusanto
dc.contributor.authorErvin Oktavianingtyas
dc.date.accessioned2016-11-02T01:07:38Z
dc.date.available2016-11-02T01:07:38Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77298
dc.description.abstractPenelitian ini berhubungan dengan proses berpikir siswa tunarungu dalam menyelesaikan soal kontekstual operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat kelas VIII SMPLB-B TPA Jember berdasarkan proses asimilasi, akomodasi, equilibrium, dan disequilibrium. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan ialah tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, subjek belum mengalami disequilibrium pada saat memahami soal. Subjek pertama (S1) mengalami disequilibrium ketika diminta menceritakan kembali soal yang diberikan. S1 mengalami asimilasi ketika menyebutkan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal. Equilibrium dan akomodasi terjadi saat S1 menyelesaikan soal. Subjek kedua (S2) mengalami asimilasi saat diminta menceritakan kembali soal yang diberikan. Asimilasi terjadi ketika diminta menyebutkan apa yang diketahui pada soal. Disequilibrium terjadi pada saat menyebutkan apa yang ditanyakan pada soal. Asimilasi, akomodasi dan equilibrium terjadi ketika S2 menyelesaikan soal. Disequilibrium terjadi ketika subjek terlihat menggaruk kepala, mengerutkan dahi dan diam tidak dapat menjawab pertanyaan. Asimilasi tampak ketika subjek dengan spontan menjawab pertanyaan. Equilibrium terjadi ketika subjek telah mengalami asimilasi dan akomodasi serta dapat memastikan jawaban tersebut benar. Akomodasi terlihat ketika subjek diam sejenak sebelum dapat menyelesaikan menjawab pertanyaan. Akomodasi dapat muncul karena subjek belum pernah menyelesaikan soal yang sejenis sebelumnya, sehingga hal tersebut merupakan pengalaman baru bagi subjek.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectproses berpikir, menyelesaikan soal kontekstual, operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat, siswa tunarungu.en_US
dc.titleProses Berpikir Siswa Tunarungu dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat Kelas VIII SMPLB-B TPA Jemberen_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record