dc.description.abstract | Penelitian ini adalah tahap awal dari pelaksanaan penelitian mengenai system pengereman regenerative mobil
listrik Universitas Jember. Aplikasi system pemulihan energi menggunakan energi kinetic pada mobil listrik
pada saat melakukan pengereman. Aplikasi KERS (Kinetic Energy Recovery System) diharapkan dapat
memperbaiki performa system penyimpanan energi listrik dan meningkatkan jarak tempuh mobil listrik
dengan adanya system regenerative pada system pengisian baterai sebagai hasil bangkitan dari system
pengereman. Sistem pengereman regeneratif yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan membuat
prototype yang terdiri atas tiga komponen utama yakni CVT (continously variable transmission), flywheel
dan clutch. Data yang diperoleh pada hasil percobaan menunjukkan hubungan parameter-parameter yaitu
kecepatan roda mobil, kecepatan flywheel dan durasi putaran pada saat dilakukan pengereman. Pada salah
satu hasil pengambilan data diperoleh data kecepatan roda sebesar 680 rpm, kecepatan flywheel 128 rpm
dengan durasi putaran flywheel setelah pengereman adalah 21,42 detik. | en_US |