dc.description.abstract | Bagi para pemula studi evaluasi, scientific appeal akan mudah terbangun ketika mencermati Evaluation Studies: Review Annual yang volume pertamanya terbit pada tahun 1976 oleh Sage Publications, Ltd. Pada setiap edisi yang rata-rata di atas
700 halaman tersebut selalu dibahas diskusi dialektik tentang pemikiran studi evaluasi, isu-isu metodologis, konsep-konsep dan pendekatan, hingga sampel studi evaluasi program berbagai bidang, mulai dari bidang pendidikan; hukum, kriminalitas, peradilan pidana dan keamanan publik; kesejahteraan sosial; ilmu dan teknologi; masalah-masalah perkotaan; transportasi; kesempatan kerja dan perburuhan; kesehatan dan kesehatan mental; sampai pada evaluasi program energi dan pelestarian lingkungan hidup. Meskipun istilah “evaluasi” hampir setiap kali terdengar dan terbaca melalui berbagai macam teks, banyak orang berpandangan bahwa studi evaluasi dianggap mengada-ada. Hal ini bisa dimaklumi karena sosialisasi terhadap landasan ontologi, epistemologi dan axiologi yang membentuk body of knowledge-nya tidaklah seintensif bidang ilmu lain. Bukan hanya itu, setiap pemula studi ini akan merasa asing, terutama
pada awal-awal studi karena pada umumnya mereka berasal dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda dan merasa “melompat” ke ilmu baru. Padahal menurut hemat penyusun,
hal itu tidaklah sepenuhnya benar karena salah satu asumsi dasar evaluasi ialah, bahwa teori, metodologi, dan tujuan-tujuan evaluasi tidaklah harus dipisahkan dari disiplin ilmu
apa pun. Orientasi studi evaluasi dengan demikian lebih bersifat aplikatif-pragmatis, kritis-analitis dan tentu saja lintas disiplin. | en_US |