• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Relasi Patron Klien antara PT. Candi Ngrimbi dengan Para Penambang Belerang di Kawah Ijen Kabupaten Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    ABDUL ROZIK FANANI.odt (254.4Kb)
    Date
    2016
    Author
    Abdul Rozik Fanani
    Sukidin
    Umar HMS
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Relasi patron-klien terjadi karena adanya kepentingan dua belah pihak untuk memenuhi kebutuhan masing-masing. Dimana satu pihak berperan sebagai majikan (patron), sedangkan pihak lain berperan sebagai bawahan (klien). Patron memberikan perlindungan kepada klien dengan memberikan pekerjaan, sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Perlindungan patron tersebut dibalas oleh klien dengan pengabdian dan loyalitas serta menjalankan seluruh perintah yang diberikan kepadanya. Hubungan patron klien juga terjadi antara PT. Candi Ngrimbi dengan masyarakat tambang belerang di Kawah Ijen Kabupaten Banyuwangi. Sistem yang terjadi pada mereka ini ternyata bukan hanya relasi ekonomi saja, akan tetapi ada relasi sosial yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola hubungan dan ikatan patron klien antara PT. Candi Ngrimbi selaku pemilik ijin usaha tambang belerang dengan para penambang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah menggunakan data primer. Pada pendekatan kualitatif ini metode pengambilan data yang digunakan adalah obeservasi dan wawancara dengan snowballing sample sehingga diperoleh 7 informan. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan model analisis interaktif (interactive model of analysis) yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa relasi patron-klien antara PT. Candi Ngrimbi dengan para penambang belerang terbentuk oleh pola kerja dan pola pengupahan. Pola hubungan yang terjali membentuk pola sistemik yang saling berhubungan dan membutuhkan satu sama lainnya. Tingkat ketergantungan klien terhadap patron bersifat cukup erat, sehingga arus hubungan yang terjadi  cenderung bersifat tidak seimbang. Akibatnya, ada beberapa hak yang seharusnya diterima penambang belerang, tetapi tidak dipenuhi oleh perusahaan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76966
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository