Show simple item record

dc.contributor.authorHusniah, Furoidatul
dc.date.accessioned2016-08-31T01:10:28Z
dc.date.available2016-08-31T01:10:28Z
dc.date.issued2016-08-31
dc.identifier.isbn978-602-258-381-3
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76808
dc.description.abstractKarya sastra merupakan hasil refleksi penulis mengenai lingkungan. Hal tersebut sejalan dengan yang dikatakan Endraswara, bahwa karya sastra memberikan refleksi realitas yang lebih besar, lebih lengkap, dan lebih dinamik (2008:89). Pandangan ini sering digunakan dalam penelitian sastra tertentu untuk merefleksikan sebuah kehidupan dalam masyarakat di dalamnya. Tilisan ini mengungkap kehidupan pesantren yang merupakan lembaga pendidikan agama Islam, dengan sistem asrama yang di dalamnya berisikan sekurangkurangnya tiga unsur pokok yaitu: kiai, sebagai pengasuh sekaligus pengajar, santri yang belajar, dan masjid sebagai tempat beribadah dan sentral kegiatan. Pesantren berfungsi sebagai lembaga pendidikan, secara historis berupa komunitas yang terdiri atas seorang atau beberapa ustadz, atau kiai yang berperan sebagai pengajar dan sekelompok santri yang diajar. Dari aspek intelektualitas, kiai pertama-tama dan utama mengajarkan membaca Al-Qur’an, kemudian meningkat pada kitab-kitab berbahasa Arab. Pada perkembangan berikutnya para santri merasakan kebutuhan untuk selalu dekat dengan kiainya, supaya mereka dapat mempelajari dan mengamati lebih banyak lagi pelajaran-pelajaran agama. Mereka kemudian membentuk kelompok masyarakat sendiri agar selalu dekat dengan kiainya, atau kiai itu sendiri yang menyediakan tempat, di rumahnya, atau di luar rumahnya, untuk menampung mereka agar setiap saat dapat memberikan pelajaran agama, sampai akhirnya pesantren berdiri.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMODEL PENDIDIKAN PESANTRENen_US
dc.subjectNOVEL SANTRI CENGKIRen_US
dc.titleMODEL PENDIDIKAN PESANTREN DALAM NOVEL SANTRI CENGKIR KARYA ABIDAH EL-KHALIEQYen_US
dc.typeProsidingen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record