dc.description.abstract | Pendidikan merupakan salah satu komponen kehidupan yang paling penting
untuk dimiliki setiap manusia, karena pendidikan dapat membantu manusia agar
mampu mewujudkan diri sesuai dengan martabat kemanusiaanya. Pendidikan di
suatu negara terdiri atas berbagai macam rumpun ilmu, salah satunya adalah
matematika. Matematika merupakan mata pelajaran wajib di setiap jenjang
pendidikan fomal yaitu di sekolah. Pendidikan di sekolah dilakukan melalui
kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan untuk menghadapi kehidupan dimasa
yang akan datang. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan tersebut dapat
dilakukan dengan mengupayakan peningkatan aspek kegiatan belajar mengajar atau
pembelajaran. Pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik
dengan pendidik dan sumber belajar. Salah satu sumber belajar yang digunakan
sebagai bahan belajar adalah buku teks. Oleh karena itu diharapkan buku teks yang
akan digunakan dalam proses pembelajaran berkualitas baik. Untuk mengetahui
kualitas yang baik pada buku teks dapat menggunakan kriteria Bell sebagai alat
analisis, karena Bell merumuskan empat kriteria yang harus ada di dalam buku teks
yang terdiri dari (1) kriteria yang berhubungan dengan materi matematika, (2)
kriteria yang berhubungan dengan metode penyampaian materi, (3) kriteria yang
berhubungan dengan karakteristik fisik dan (4) kriteria yang berhubungan dengan
petunjuk untuk guru. Dengan demikian analisis buku teks matematika dapat
dilakukan dengan menggunakan keempat kriteria Bell. Tujuan penelitian ini untuk
menganalisis Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Penerbit Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan untuk SMA Kelas XI Pokok Bahasan Statistika Berdasarkan Kriteria Bell yang berhubungan dengan materi matematika, metode
penyampaian materi, karakteristik fisik, dan petunjuk untuk guru.
Pengambilan sampel buku teks pada penelitian dipandang dapat mewakili
buku teks matematika dengan hak cipta dari Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 2014 yang digunakan oleh semua
sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif karena peneliti
hanya mengungkapkan banyak fakta dari subjek penelitian. Data dalam penelitian
ini adalah kesesuaian buku teks matematika berdasarkan kriteria Bell. Buku teks
matematika yang dimaksud adalah Buku Teks Matematika Kurikulum 2013
Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk SMA Kelas XI Semester
Genap Pokok Bahasan Statistika. Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis
kesesuaian buku teks berdasarakan kriteria Bell, lembar validasi bahasa, dan lembar
keabsahan data dari hasil analisis yang telah dilakukan. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode angket. Data yang
dianalisis adalah data kesesuaian buku teks yang telah dilakukan keabsahan data.
Apabila terdapat ketidaksesuaian dengan kriteria Bell maka diberikan saran
perbaikan berdasarkan kesalahan yang telah ditemukan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa kesesuaian buku teks yang berhubungan
dengan materi matematika yang memenuhi adalah indikator 3, 8, 9, 10, 13, 15, dan
21. Sedangkan yang tidak memenuhi adalah indikator 1, 2, 4, 5, 6, 7, 11, 12, 14,
16, 17, 18, 19, dan 20; kesesuaian buku teks yang berhubungan dengan metode
penyampaian materi yang memenuhi adalah indikator 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 15,
17, 18, dan 21. Sedangkan yang tidak memenuhi adalah indikator 1, 10, 12, 13, 14,
16, 19, dan 20; kesesuaian buku teks yang berhubungan dengan karakteristik fisik
yang memenuhi adalah indikator 1, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, dan 11. Sedangkan yang
tidak memenuhi adalah indikator 2; dan kesesuaian buku teks yang berhubungan
dengan petunjuk untuk guru yang memenuhi adalah indikator 2, 3, 5, 7, 8, 9, 10,
11, 12, 13, 16, dan 19. Sedangkan yang tidak memenuhi adalah indikator 1, 4, 6, 14, 15, 17, dan 18. | en_US |