Show simple item record

dc.contributor.advisorAffandi, Moch
dc.contributor.authorWULANDARI, Ratna
dc.date.accessioned2016-08-25T08:27:20Z
dc.date.available2016-08-25T08:27:20Z
dc.date.issued2016-08-25
dc.identifier.nim110910302009
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76785
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi usaha dalam komersialisasi komoditas pisang mas kirana di Desa Kandangtepus Lumajang. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya sosiologi pertanian sebagai referensi penelitian selanjutnya serta dapat memberikan informasi tentang permasalahan dalam masyarakat pertanian sebagai bahan pengambilan kebijakan dalam proses pembangunan masyarakat pertanian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, sebab dengan pendekatan penelitian secara kualitatif akan memperoleh informasi secara mendalam mengenai pokok permasalahan yang diteliti. Untuk lokasi penelitian dipilih Desa Kandangtepus, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Pemilihan lokasi penelitian dipilih karena Desa Kandangtepus salah satu wilayah penghasil komoditas pisang mas kirana yang bermitra dengan perusahaan agribisnis yang mengalami perubahan pangsa pasar sehingga membuat petani melakukan strategi usaha komoditas pisang mas kirana. Informan dalam penelitian ini adalah para petani pisang mas kirana. Untuk teknis penulisan dari data yang diperoleh menggunakan data primer dan data skunder yang didapat dari observasi, metode wawancara secara mendalam, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan prosedur deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa kondisi pertanian pisang mas kirana mengalami perkembangan pesat setelah terbukanya pasar sehingga membuat pisang mas kirana menjadi sebuah komoditas unggulan. Masuknya perusahaan agribisnis sebagai mitra dalam pemasaran buah pisang mas kirana membuat permintaan pasar mengalami peningkatan dan membuat harga menjadi lebih stabil. Perkembangan pertanian pisang yang semakin luas membuat instansi pemerintah maupun swasta turut berperan untuk memberikan bantuan penyuluhan SPO (Standart Prosedur Operasional) dari dinas pertanian dan salah satu Bank BUMN yang memberikan kredit lunak. Petani yang memiliki modal besar juga mencari peruntungan dalam pemasaran dengan cara membuat label kemasan sendiri kemudian memasarkannya sendiri ke pasar modern. Hal itu menyebabkan mengubah pola pertanian menjadi komersial yang berorientasi pasar dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki. Hal tersebut juga didukung dengan kondisi pertanian kopi yang sebelumnya mendominasi di Desa Kandangtepus mengalami penurunan produksi yang disebabkan serangan hama yang menyebabkan pendapatan petani menjadi menurun. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya perusahaan yang memiliki standarisasi berupa sistem penyortiran buah pisang mas kirana yang terdiri dari grade A, B dan C. Semakin tinggi grade yang dihasilkan oleh petani maka semakin tinggi pula pendapatan yang diperoleh sehingga petani melakukan strategi usaha untuk meningkatkan kualitas buah pisang mas kirana yang dihasilkan. Petani melakukan perawatan intensif berdasarkan pengetahuan yang diperoleh dari petugas penyuluh lapang. Pisang mas kirana yang saat ini menjadi komoditas komersial disebabkan oleh terbuka lebarnya peluang pasar yang menyebabkan petani berbondong-bondong mengubah tanaman mereka menjadi pisang mas kirana. Perubahan komoditas ini dilakukan atas dasar pertimbangan untung rugi dimana petani merasa mendapatkan keuntungan lebih banyak daripada menanam kopi. Hal ini berdampak pada perubahan terhadap pola pertanian dan perubahan pandangan mereka mengenai pisang mas. kestabilan harga yang ditawarkan oleh perusahaan pemasaran pisang mas menjadikan peningkatan posisi tawar petani yang sebelumnya tergantung dengan adanya tengkulak yang dikenal dengan sistem ijon. Petani yang dulunya menjadikan buah pisang mas sebagai tanaman sampingan, kini dianggap sebagai komoditas unggul dan berorientasi pada pasar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPISANG MAS KIRANAen_US
dc.titleSTRATEGI USAHA DALAM KOMERSIALISASI KOMODITAS PISANG MAS KIRANA DI DESA KANDANGTEPUS, LUMAJANGen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record