Show simple item record

dc.contributor.authorMuji, Muji
dc.contributor.authorWidjajanti, Anita
dc.contributor.authorHusniah, Furoidatul
dc.date.accessioned2016-08-25T04:20:18Z
dc.date.available2016-08-25T04:20:18Z
dc.date.issued2016-08-25
dc.identifier.isbn978-602-8580-64-9
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76761
dc.description.abstractBuku PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PERILAKU PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA isinya sengaja kami konstruk berbeda dengan buku Bahasa Indonesia yang selama ini telah ditulis oleh penulis pembelajaran bahasa Indonesia dan diterbitkan di toko-toko buku. Bukan karena isinya dari temuan hasil penelitian, tetapi kajian materi yang dipelajari belum tersentuh banyak oleh para penulis buku Bahasa Indonesia yang selama ini dipelajari oleh para peserta didik di sekolah-sekolah. Selama ini yang pernah kami ketahui materi yang dipelajari dalam pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah tentang (1) aspek kebahasaan meliputi ejaan, kata, frase, klausa, kalimat, paragraf, wacana; (2) aspek keterampilan berbahasa meliputi menyimak, membaca, menulis, berbicara, dan (3) apresiasi bahasa dan sastra. Buku PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PERILAKU PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA materi yang dipelajari adalah perilaku/sikap.Selama ini pembelajaran bahasa yang menekankan pada perilaku/sikap tergolong langka.Oleh karena itu, wajar apabila ada pengguna bahasa menyatakan ekspresinya “Korupsi katakan tidak” banyak orang yang terperosok cepat mempercayainya.Padahal fakta dan realita yang terjadi antara yang dilisan/ditulis tidak sesuai dengan perilaku/sikap yang diperbuat.Terjadinya kejadian/peristiwa komunikasi yang seperti inilah, yang dijadikan dasar mengapakah pembelajaran bahasa melalui perilaku/sikap penting dikenalkan, dipelajari, dan didiskusikan dalam pembelajaran bahasa di jenjang Perguruan Tinggi. Kepentingan lain yang perlu kami kemukakan di sini adalah agar pembelajaran bahasa di sekolah tidak seperti terjadi saat ini baku dan beku, tetapi perlu diciptakan pembelajaran bahasa yang kritis, kreatif, dan inovatif. Buku PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PERILAKU PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA tidak lagi mengenalkan materi pembelajaran aspek kebahasaan, aspek keterampilan berbahasa, dan apresiasi bahasa dan sastra. Tetapi, materi pembelajaran yang dibahas adalah pengenalan berbagai perilaku/sikap yang layak dan tidak layak ditampilkan oleh penutur dengan mitra tutur saat berkomunikasi. Jadi, materi pembelajaran penyajiannya secara deskritif naratif, namun isinya aktual dan realistis.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIAen_US
dc.subjectPERILAKU PENDIDIKAN BUDAYAen_US
dc.subjectKARAKTER BANGSAen_US
dc.titlePEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PERILAKU PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSAen_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record