Show simple item record

dc.contributor.authorRamadhan, Mochamad Edoward
dc.date.accessioned2016-08-25T04:09:05Z
dc.date.available2016-08-25T04:09:05Z
dc.date.issued2016-08-25
dc.identifier.issn2527-5674
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76756
dc.description.abstractMobil listrik ketika berjalan memerlukan proses pengisian energi listrik dengan harapan jarak tempuh mobil listrik semakin jauh. Proses pengisian energi listrik menggunakan KERS E3 yang merupakan pengembangan KERS terdahulu yang dilakukan penelitian pada tahun 2013 dan 2014. Sehingga pada tahun 2015 dilakukan proses pengambilan respon CVT terhadap flywheel yang dipakai di KERS E3 menggunakan motor listrik sebagai penggerak mula dengan fungsi ramp yaitu motor listrik berputar dari putaran 0 rpm sampai puncak yaitu 5640rpm. Hasil dari pengambilan respon berupa putaran flywheel dengan motor listrik berdaya 1 HP dicapai dalam waktu 15 detik. Flywheel mempunyai massa : 1.82kg, luas permukaan : 0.0596m2 , inersia :0.18472 kg.m2 dengan hasil energi kinetik rata-rata 78159,89 joule. Transmisi yang menghubungkan dari putaran mula ke flywheel menggunakan CVT konvensional. Dari proses pengambilan data yang dilakukan selama tujuh kali, Pengereman Energi Kinetik yang diberikan oleh generator (Proses Konversi Energi) terjadi dalam waktu 38 detik dengan kehilangan energi kinetik 51387.60 Joule. Sehingga kemampuan KERS generasi 3 membangkitkan energi kinetik sebesar 26772.29 Joule.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectEnergi Pengeremanen_US
dc.subjectEnergi Kinetiken_US
dc.subjectEnergi Bangkitanen_US
dc.subjectKERSen_US
dc.titleKarakteristik KERS E3 (Kinetik Energi Recoveri Sistem Evolusi 3) Sebagai Pengisi Energi Listrik Kendaraan Listrik Universitas Jemberen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record