dc.description.abstract | Kecenderungan anak untuk tidak mau mengikuti aturan yang disepakati
misalnya bergantian dalam menggunakan alat-alat permainan, membatasi diri dalam
pergaulan, kecenderungan bermain dengan teman tertentu yang memiliki tingkat
kemampuan kognitif yang setara, dan sikap merasa berkuasa terhadap teman lain bagi
anak yang punya kelebihan fisik dari yang lain, menunjukkan rendahnya kemampuan
sosial anak di kelompok B di TK Qurrota A’yun III Sawojajar Malang. Padahal
kemampuan sosial merupakan hal sangat penting dimiliki oleh seseorang dan harus
ditanamkan sejak dini pada anak. Untuk meningkatkan kemampuan sosial anak,
dilakukan penelitian dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Kesimpulan
dari penilaian selama penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif
menggunakan teknik permainan index card match dapat meningkatkan kemampuan
sosial anak di kelompok B TK Qurrota A’yun III Sawojajar Malang. Peningkatan
kemampuan sosial tersebut ditandai dengan: (1) anak mau mengikui peraturan yang
ada, yaitu peraturan sederhana selama permainan index card match; (2) rasa senang
anak dalam bermain dengan teman secara berkelompok; (3) kemauan anak untuk
mengerjakan tugas secara berkelompok; (4) anak mau menolong temannya yang lain
selama berlangsung pembelajaran; (5) adanya komunikasi antar anak dan kemauan
anak untuk mengajak temannya bermain. | en_US |