Show simple item record

dc.contributor.advisorWahyudi, Edy
dc.contributor.advisorBudihardjo, Agus
dc.contributor.authorKelana, Jodi Hapro
dc.date.accessioned2016-08-25T03:36:25Z
dc.date.available2016-08-25T03:36:25Z
dc.date.issued2016-08-25
dc.identifier.nim100910202034
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76746
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi diferensiasi Taman Botani Sukorambi Jember. Objek penelitian ini adalah Taman Botani Sukorambi Jember. Informan pada penelitian ini adalah Pemilik Taman Botani Sukorambi, dan Manager/ Asisten Pemilik yang bersedia menjadi narasumber. Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan paradigma kualitatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis domain dan analisis taksonomi. Analisis domain adalah alat yang digunakan untuk menganalisis gambaran-gambaran obyek penelitian secara umum sedangkan analisis taksonomi adalah analisis terhadap keseluruhan data yang terkumpul berdasarkan domain yang telah ditetapkan selanjutnya untuk diurai lebih rinci dan mendalam. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa Taman Botani Sukorambi Jember melakukan Strategi Diferensiasi yang terdiri dari 3 dimensi, Konten (what to offer), Konteks (how to offer), Infrastruktur (enebler). Strategi diferensiasi yang paling berpengaruh besar pada Taman Botani Sukorambi adalah dimensi konten, karena Taman Botani Sukorambi adalah salah satu objek wisata yang memiliki unsur edukasi didalamnya, yang memiliki konsep “wisata sambil belajar” di Kota Jember. Selain itu Taman Botani Sukorambi juga memiliki produk-produk yang menawarkan unsur wisata dan edukasi, diantaranya adalah kolam renang dewasa, anak-anak, kolam muslimah (indoor), mini zoo, agrowisata, dan outbound. Dimensi kedua adalah konteks, disini Taman Botani Sukorambi mengoptimalkan pelayanan pada objek wisata, dan penjualan hasil panen kebun buah yang dijual pada Hortihut, menyediakan motor angkut kepada pengunjung yang ingin menuruni anak tangga menuju ke wahana, memberikan layanan guide, serta diskon pada pengunjung dan jaminan keselamatan include pada area wisata Taman Botani Sukorambi. Dimensi ketiga adalah Infrasruktur yang meliputi fasilitas, teknologi, dan SDM. Pada dimensi ini Taman Botani mengoptimalkan fasilitas penunjang seperti, lahan parkir yang luas, Hortihut, Taman Bacaan, Gazebo, Shelter, dan Pendopo. Teknologi yang ada meliputi CCTV dan Wifi. SDM yang dilakukan pada Taman Botani Sukotambi seperti halnya objek wisata pada umumnya, namun disini Taman Botani tetap mengoptimalkan SDM yang dimiliki seperti penerapan 3S (Senyum, Sapa, Santun) kepada pengunjung.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectStrategi Diferensiasi Taman Botani Sukorambi Jemberen_US
dc.titleSTRATEGI DIFERENSIASI PADA TAMAN BOTANI SUKORAMBI JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record