Show simple item record

dc.contributor.advisorSusanto
dc.contributor.advisorIrvan, Muhtadi
dc.contributor.authorIRAWATI, Tri Novita
dc.date.accessioned2016-08-19T06:56:55Z
dc.date.available2016-08-19T06:56:55Z
dc.date.issued2016-08-19
dc.date.submitted
dc.identifier.nim140220101017
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76670
dc.description.abstractHasil PISA(Program for International Student Assessment) tahun 2012, menurut Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) menyatakan bahwa kemampuan matematika siswa Indonesia berada pada peringkat 64 dari 65 negara. Persentase jawaban benar soal level 5 dan 6 siswa Indonesia mendekati nol yaitu 0,3. Kemampuan pada level 5 dan 6 berupa kemampuan penalaran melakukan konseptualisasi dan generalisasi dengan menggunakan informasi berdasarkan modeling dan penelaahan dalam suatu situasi yang kompleks. Sehingga kemampuan menggunakan penalaran matematika merupakan hal pokok yang harus dikuasai siswa. Hasil dari analisis, kemampuan penalaran yang paling mendasar adalah penalaran proporsional. Saat ini sudah banyak dikembangkan tes tentang kemampuan bernalar seperti Group Assesment of Logical Thinking Test (GALT), Test of Logical Thinking (TOLT) dan Classroom Test of Scientific Reasoning (CTSR). Akan tetapi tes tersebut hanya mengukur kemampuan penalaran formal siswa dan belum mengarah pada kemampuan penalaran formal yang paling mendasar. Selanjutnya, perlu dilakukan pengembangan paket tes kemampuan penalaran dasar yaitu penalaran proporsional untuk siswa SMP. Pengembangan tersebut diaplikasikan dalam sebuah buku paket tes kemampuan penalaran proporsional berdasarkan teori Rahmah Johar (2005) yang menyebutkan tentang 5 level dalam penalaran proporsional yang meliputi penalaran kualitatif, aditif, pra multiplikatif, multiplikatif implisit serta multiplikatif. Hasil pengembangan paket tes selanjutnya diujicobakan dan dianalisis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data validasi oleh validator, studi pustaka dan angket. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui hasil pengembangan paket tes kemampuan penalaran proporsional siswa SMP. Hasil analisis ujicoba penelitian menghasilkan 75 soal yang memenuhi kriteria. Kriteria tersebut adalah tingkat validitas 0,9, reliabilitas 0,9, tingkat kepraktisan dan keefektifan 𝐼𝑃 4,3 dan 𝐼𝐸 4,075 dengan kategori tinggi serta respon siswa dan guru terhadap paket tes mencapai persentase 87% dan 80%. Paket tes dapat digunakan guru sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam mengukur kemampuan penalaran proporsional dalam setiap levelnya. Paket tes juga dapat digunakan sebagai salah satu acuan untuk mengembangkan kembali paket tes kemampuan penalaran proporsional dengan tipe soal lain, misalnya tipe soal subjektifen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONALen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PAKET TES KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL SISWA SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record