Show simple item record

dc.contributor.advisorSUGIARTI, Titik
dc.contributor.advisorMISNO
dc.contributor.authorASFURIANI, Yunita
dc.date.accessioned2016-08-18T07:05:09Z
dc.date.available2016-08-18T07:05:09Z
dc.date.issued2016-08-18
dc.identifier.nimNIM120210204156
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76644
dc.description.abstractHasil penelitian menunjukkan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dilakukan melalui enam tahap pembelajaran yang meliputi tahap penyampaian itujuan dan motifasi siswa, tahap pembagian kelompok, tahap persentasi dari guru, tahap kegiatan belajar dalam tim (kerja tim), tahap kuis (evaluasi), dan tahap penghargaan prestasi tim. Pada tahap penyampaian tujuan dan motivasi guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, serta memotivasi siswa untuk belajar. Pada fase pembagian kelompok guru membagi siswa menjadi 8 kelompok yang masing-masing beranggotakan 4-5 orang siswa. Pada tahap ini di siklus I guru sangat kesulitan mengatur siswa karena mereka belum terbiasa dengan belajar berkelompok, sebagian besar siswa kecewa karena tidak dapat berkelompok dengan teman yang disukai, namun berbeda pada siklus II siswa sangat mudah diatur dan secepat mungkin berkumpul dengan kelompok yang sudah ditentukan, mereka sangat menyukai belajar kelompok karena bisa bekerjasama memecahkan soal dan jika mereka kompok mereka bisa mendapat hadiah. Tahap persentasi dari guru, guru menyampaikan materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan bantuan alat peraga garis bilangan diselingi pertanyaan-pertanyaan pada siswa, sebelum guru menjelaskan materi pembelajaran guru terlebih dahulu menyampaiakan prosedur kerja alat peraga garis bilangan. Siswa sangat antusias mendengarkan penjelasan guru, alat peraga yang dibawa guru menarik sehingga siswa memperhatikan penjelsan guru dengan baik. Tahap kegiatan belajar dalam tim (kerja tim) pada tahap ini siswa besamasama dengan kelompoknya memecahkan soal yang diberikan oleh guru, hal ini bertujuan untuk mengembangkan potensi belajar siswa melalui kerja sama tim. Tahap kuis (evaluasi) guru memberikan soal-soal individu pada siswa dan mereka harus mengerjakannya sendiri-sendiri, hal ini bertujuan untuk mengukur seberapa dalam pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan guru. Tahap prestasi tim, guru memilih tim yang kompak dan mampu mengerjakan soal yang diberikan oleh guru tepat dan cepat, kelompok yang paling dulu mengumpulkan tugas dan mendapat poin tertinggi akan diberi hadiah oleh guru berupa buku tulis dan bolpoin tujuannya supaya siswa lebih semangat lagi untuk belajar. . Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Indikator pencapaian aktivitas belajar siswa dapat dilihat pada persentase skor rata-rata aktivitas belajar siswa untuk masing-masing aktivitas belajar sebagai berikut: memperhatikan penjelasan guru sebesar 77,57% pada siklus I menjadi 81,76% pada siklus II, mengajukan pertanyaan sebesar 79,04% pada siklus I menjadi 84,46% pada siklus II, diskusi bersama kelompok sebesar 78,31% pada siklus I menjadi 86,49% pada siklus II, persentasi kelompok sebesar 77,94% pada siklus I menjadi 82,43% pada siklus II, dan mencatat penjelasan guru sebesar 69,12% pada siklus I menjadi 84,46% pada siklus II. Indikator pencapaian hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat pada nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 75,77 menjadi 82,47 pada siklus II. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini, terdapat saran yang perlu dipertimbangkan yaitu dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada fase pembagian kelompok, sebaiknya di lakukan satu hari sebelum dilakukan pembelajaran agar waktu tidak banyak tersita untuk pembagian kelompok.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210204156;
dc.subjectTIPE STADen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectBILANGAN BULATen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN SUMBERSARI 01en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record