• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL DESAIN BALOK PELENGKUNG DENGAN BEBAN TANAH DITINJAU DARI NILAI GAYA-GAYA DALAM

    Thumbnail
    View/Open
    LUCKY RUDHY AGHAZSI -1.pdf (1.021Mb)
    Date
    2016-08-18
    Author
    AGHAZSI, LUCKY RUDHY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Beton merupakan unsur dalam konstruksi yang sengaja dipilih dikarenakan bahan dan materialnya yang mudah diolah (workability), awet (durability) serta meiliki kekuatan (strength) yang dibutuhkan untuk suatu konstruksi. Kebutuhan beton pada saat ini yaitu salah satunya sebagai material penyusun konstruksi jembatan. Struktur jembatan dibagi menjadi dua bagian yaitu struktur atas yang berfungsi beban-beban yang ditimbulkan oleh lalu lintas kendaraan seperti plat lantai, gelagar induk, gelagar sekunder, aspal sedangkan untuk struktur bawahnya berfungsi untuk menahan beban bangunan atas yang kemudian didistribusikan kepada pondasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai gaya-gaya dalam balok pelengkung dengan beban tanah diatasnya. Mix design yang digunakan untuk beton dipakai satu mutu K175. Pada penelitian ini juga diletakan perkuatan pada dua titik yang menjadi gaya dalam geser tertinggi. Menurut (Wibowo, 2016) sambungan atau perkuatan yang dipakai yaitu berupa sambungan baut dengan diameter 0,5cm dikarenakan sifat baut yang memiliki efisiensi dalam pemasangan dan juga memiliki kemampuan yang tinggi dalam menahan beban. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini yaitu pada kondisi pertama dengan berat tanah basah (b1) : 1,780gr/cm3 didapatkan beban maksimal sebesar 1420,7kg, kondisi ke-dua dengan berat tanah basah (b2) : 1,919gr/cm3 didapatkan beban maksimal sebesar 5209,3kg , kondisi ke-tiga dengan berat tanah basah (b3) : 1,865gr/cm3 didapatkan beban maksimal sebesar 1685,833kg, kondisi ke-empat dengan berat tanah basah (b4) : 1,834gr/cm3 didapatkan beban maksimal sebesar 2167,5kg. Diperoleh nilai gaya dalam terbesar yang terjadi akibat tanah dan beban luar yang diberikan, pada kondisi kedua dengan beban tanah b2 : 1,919gr/cm3 nilai Tegangan (σ) sebesar 5050,437kg/cm2, Gaya Puntir/ Momen sebesar 92465,08kgcm, dan Geser sebesar 2604,65kg.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76619
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4212]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository