dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah observasi,
wawancara, tes, dan dokumen.
Hasil dan pembahasan dalam penelitian menunjukkan bahwa penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas IVA tema
Indahnya Negeriku semester genap tahun pelajaran 2015/2016 di SDN Kebonsari 01
Jember aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus ke
siklus 1 dan ke siklus 2. Aktivitas belajar siswa pra siklus sebesar 48,55%, dengan
kriteria cukup aktif setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a
match aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 71,44% pada siklus 1 dengan
kriteria aktif, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus
1 dengan selisih 22,56%. Siklus 2 meningkat menjadi 92,36% dengan kriteria sangat
aktif, pada siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 20,92%. Hasil belajar
afektif siswa pra siklus sebesar 60,03% dengan kriteria sedang/cukup, pada siklus 1
mengalami peningkatan menjadi 77,13% dengan kriteria baik, dan pada siklus 2
meningkat menjadi 85,69% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar kognitif siswa
pra siklus sebesar 64,73% dengan kriteria sedang/cukup, pada siklus 1 meningkat
menjadi 73,15% dengan kriteria baik, dan pada siklus 2 meningkat lagi menjadi
83,10% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar psikomotorik siswa pra siklus
sebesar 65,39% dengan kriteria sedang/cukup, pada siklus 1 meningkat menjadi
71,38% dengan kriteria baik, dan pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 85,85%
dengan kriteria sangat baik.
Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas belajar dan
hasil belajar siswa. Berdasarkan dari hasil analisis penelitian dengan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat dijadikan sebagai alternatif dalam
pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan dapat
dijadikan sebagai referensi untuk mengadakan penelitian sejenis pada mata pelajaran
yang berbeda. | en_US |