Show simple item record

dc.contributor.advisorMuchtar, Imam
dc.contributor.advisorFitriyah, Chumi Zahroul
dc.contributor.authorSayektie, Serly Ayu
dc.date.accessioned2016-08-18T03:13:26Z
dc.date.available2016-08-18T03:13:26Z
dc.date.issued2016-08-18
dc.identifier.nim120210204002
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76610
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Hasil dan pembahasan dalam penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas IVA tema Indahnya Negeriku semester genap tahun pelajaran 2015/2016 di SDN Kebonsari 01 Jember aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus 1 dan ke siklus 2. Aktivitas belajar siswa pra siklus sebesar 48,55%, dengan kriteria cukup aktif setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 71,44% pada siklus 1 dengan kriteria aktif, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus 1 dengan selisih 22,56%. Siklus 2 meningkat menjadi 92,36% dengan kriteria sangat aktif, pada siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 20,92%. Hasil belajar afektif siswa pra siklus sebesar 60,03% dengan kriteria sedang/cukup, pada siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 77,13% dengan kriteria baik, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 85,69% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar kognitif siswa pra siklus sebesar 64,73% dengan kriteria sedang/cukup, pada siklus 1 meningkat menjadi 73,15% dengan kriteria baik, dan pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 83,10% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar psikomotorik siswa pra siklus sebesar 65,39% dengan kriteria sedang/cukup, pada siklus 1 meningkat menjadi 71,38% dengan kriteria baik, dan pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 85,85% dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Berdasarkan dari hasil analisis penelitian dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan dapat dijadikan sebagai referensi untuk mengadakan penelitian sejenis pada mata pelajaran yang berbeda.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Matchen_US
dc.subjectPeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA INDAHNYA NEGERIKU DI SDN KEBONSARI 01 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record