• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KINERJA RUMAH SAKIT DAERAH dr. SOEBANDI KABUPATEN JEMBER DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (BSC)

    Thumbnail
    View/Open
    Wahyu Elysa Purnamasari - 132110101204-1.pdf (1.762Mb)
    Date
    2016-08-18
    Author
    PURNAMASARI, Wahyu Elysa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian menunjukkan pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yang dinilai dari 3 variabel yaitu retensi karyawan RSD dr. Soebandi tergolong baik karena setiap tahunya mengalami penurunan karyawan yang keluar. Pelatihan karyawan tergolong baik karena setiap tahun mengalami peningkatan karyawan yang mengikuti pelatihan baik internal maupun eksternal. Kepuasan karyawan baik PNS dan Non PNS sebagian besar cukup puas. Pada perspektif proses bisnis internal diukur dengan respons times di ruang tunggu poliklinik sebagian besar cukup baik dengan waktu tunggu ≤ 90 menit. Respons times pada pelayanan obat di 1 apotek sebagian besar kurang baik dengan waktu tunggu ≥ 90 menit. Pada perspektif pelanggan diukur dengan 3 variabel yaitu pada kepuasan pelanggan menunjukkan bahwa sebagian besar pelanggan cukup puas karena terdapat kesesuaian antara persepsi dan harapan pasien. Pada retensi pelanggan dinilai baik dalam mempertahankan pelangganya karena mampu mempertahankan pelangganya sebesar 90% pada tahun ke 3. Pada akuisisi pelanggan dinilai kurang baik karena setiap tahunya selalu mengalami penurunan dalam hal menarik pelanggan baru. Pada perspektif keuangan diukur dengan 3 variabel yaitu pada pertumbuhan pendapatan fungsional yang didapat sebagian besar dari pelayanan masih tergolong kurang baik karena selalu mengalami penurunan tiap tahunya dimana realisasi masih jauh dari target yang sudah dianggarkan rumah sakit. Pada perubahan biaya dinilai sudah baik dalam menurunkan biaya untuk belanja rumah sakit karena mengalami penurunan di tiap tahunya dimana pada tahun ke 3 turun > 15%. Pada ROI (Return On Invesment) rumah sakit kurang baik karena setiap tahunya mengalami penurunan. Kinerja RSD dr. Soebandi dengan pendekatan Balanced Scorecard dinilai cukup baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76608
    Collections
    • UT-Faculty of Public Health [2327]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository