dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Kidul 04 sejak tanggal 25 januari
sampai tanggal 13 Februari 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental
sebenarnya atau true experimental dengan pola pre-test post-test control group
design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN
Jember Kidul 04. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka
dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan tingkat kemampuan
awal yang dimiliki. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga =
1,172, kemudian harga tersebut dibandingkan dengan harga
dengan =
89 pada taraf signifikansi 5%. Nilai
dengan = 89 memiliki harga 1,665.
Hasil tersebut membuktikan bahwa <
yang berarti kemampuan awal siswa
sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya dilakukan undian untuk
menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas IVB sebagai kelas
eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang merupakan
data utama dalam penelitian ini. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan posttest
yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan
rumus uji-t diperoleh = 5,859, harga ini kemudian dibandingkan dengan
dengan db = 89 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh
= 1,665.
Diperoleh >
(5,859 > 1,665), dengan demikian hipotesis nihil ( )
yang berbunyi tidak ada pengaruh positif yang signifikan penerapan pendekatan
keterampilan proses tehadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Jember Kidul 04
ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh positif yang
signifikan penerapan pendekatan keterampilan proses tehadap hasil belajar siswa
kelas IV SDN Jember Kidul 04 diterima. Peneliti juga melakukan penghitungan
keefektifan relatif diperoleh hasil ER sebesar 27,73% sehingga dapat disimpulkan
bahwa pencapaian hasil belajar siswa kelas IVB yang diajar dengan menerapkan
pendekatan keterampilan proses lebih baik 27,73% dibandingkan dengan kelas IVA.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh
positif yang signifikan penerapan pendekatan keterampilan proses terhadap hasil
belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA di SDN Jember Kidul 04 Jember tahun
pelajaran 2015/2016, atau dengan kata lain siswa yang diajar dengan menggunakan
pendekatan keterampilan proses hasil belajarnya lebih baik daripada siswa yang
diajar tanpa menggunakan pendekatan keterampilan proses. Pendekatan keterampilan
proses diharapkan dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran sehingga
siswa dapat terlibat langsung dalam menemukan pengetahuannya dan lebih mudah
dipahami oleh siswa. | en_US |