Show simple item record

dc.contributor.advisorKRISTIANTO, Wheny
dc.contributor.authorKHOLIDAH, Nur
dc.date.accessioned2016-08-18T02:14:25Z
dc.date.available2016-08-18T02:14:25Z
dc.date.issued2016-08-18
dc.identifier.nimNIM130903102002
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76580
dc.description.abstractTahapan proses Sales (Penjualan) Departemen sales and marketing Hotel HARRIS POP! Gubeng Surabaya telah melakukan proses penjualan produk MICE dengan menerapkan beberapa langkah-langkah. Langkah yang pertama adalah Approach yang berarti pendekatan, sales person harus mampu memahami apa yang diinginkan pelanggan dan apa saja yang menjadi kebutuhan pelanggan dengan proses sales call maka sales person akan melakukan pendekatan kepada pelanggan, kemudian dalam proses penerimaan telepon dari pelanggan juga harus dilakukan dengan sopan dan mengerti apa yang diinginkan pelanggan, dan yang terakhir dalam proses showing ketika pelanggan berkunjung ke hotel. Yang kedua adalah langkah presentation yaitu bagaimana seorang sales person mampu menyampaikan dengan baik informasi tidak berbelit dan sopan dan juga dapat memberikan problem solve apabila customer mengalami kendala atau masalah dalam pemilihan produk, first impression yang disampaikan kepada pelanggan harus sangat baik dan tidak menyinggung customer. Langkah selanjutnya yaitu selling yang berarti menjual, sales person akan bisa menyesuaikan kebutuhan pelanggan dengan produk yang dimiliki hotel, di sini akan terjadi proses tawar menawar antara harga dan fasilitas yang didapatkan, tahap ini berada di antara proses konfirmasi quotation yang telah dikirim menuju tahap deal yaitu pembuatan confirmation letter sebagai tanda persetujuan. Langkah yang ke empat adalah closing the sale di sini sama dengan proses pembuatan confirmation letter dan sudah adanya pembayaran yang dilakukan oleh customer kepada pihak hotel atas event yang akan diselenggarakan, yang kemudian confirmation letter tersebut akan digunakan untuk membuat banquet event order. Langkah yang terakhir adalah after Sales Service yang dilakukan oleh sales person yaitu dengan mengirim thank you letter kepada customer ataupun memberikan souvenir dan lain sebagainya sesuai dengan skala event yang sudah dilaksanakan. Dari semua proses penjualan produk yang sudah dilaksanakan Departemen sales and marketing Hotel HARRIS POP! Gubeng Surabaya sudah sangat efektif dan sesuai dengan prosedur. Tingkat keberhasilan dari proses penjualan produk serta kompetensi yang dimiliki sales person sudah sangat baik terbukti dengan banyaknya event yang diselenggarakan di Hotel HARRIS POP1 Gubeng Surabaya. Sales person yang ada sudah cukup banyak dan memiliki tanggung jawab di setiap masing-masing tugasnya. Sehingga hasil kerjasama Departemen Sales and Marketing Hotel HARRIS POP! Gubeng Surabaya sudah sangat baik dalam meningkatkan pendapatan hotel.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130903102002;
dc.subjectPRODUK MICEen_US
dc.subjectHOTEL HARRIS POPen_US
dc.subjectSALES AND MARKETINGen_US
dc.titlePROSES PENJUALAN PRODUK MICE OLEH DEPARTEMEN SALES AND MARKETING GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN HOTEL HARRIS POP! DAN CONVENTIONS GUBENG SURABAYAen_US
dc.typeDiploma Reporten_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • DP-Travel Agent [232]
    Koleksi Laporan Praktikum Program DIII Usaha Perjalanan Wisata

Show simple item record