Show simple item record

dc.contributor.advisorMasyhud., M. Sulthon
dc.contributor.advisorMardiati, Yayuk
dc.contributor.authorHerawati, Kurnia
dc.date.accessioned2016-08-16T04:27:33Z
dc.date.available2016-08-16T04:27:33Z
dc.date.issued2016-08-16
dc.identifier.nim120210204028
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76546
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Kidul 04 dengan subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas III SDN Jember Kidul 04 yang terdiri dari kelas IIIA dan IIIB yang berjumlah 96 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pola pre-test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan tes yang berupa tes tulis pilihan ganda pada pre-test dan post-test. Sebelum diadakan proses pembelajaran dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan data hasil ulangan tengah semseter gasal tahun pelajaran 2015/2016. Uji Homogenitas dilakukan menggunakan program statistik SPSS versi 14 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji t di atas, dapat diperoleh hasil sebesar 0,378. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan = 1,664. Hasil tersebut dapat diketahui bahwa hasil < (0,378<1,664) sehingga keadaan kedua kelas sebelum diadakan penelitian adalah homogen. Berdasarkan hasil pengundian kelas III B yaitu kelas eksperimen sedangkan III A kelas kontrol, kelas kontrol dilakukan pembelajaran konvensional tanpa menerapkan metode role playing, sedangkan pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan menerapkan metode role playing. Data yang diteliti berupa selisih antara skor pre-test dan post-test dari masing-masing kelas baik kelas III B (eksperimen) maupun kelas III A (kontrol) data tersebut kemudian dijadikan acuan untuk menganalisa perhitungan t-test. Penghitungan t-test dilakukan dengan cara manual dan dengan menggunakan SPSS versi 14, pada taraf signifikansi 5%. Hasil dari perhitungan tersebut menunjukkan nilai thitung= 8,803. Nilai thitung kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan db = 94 pada taraf signifikansi 5% dan diperoleh ttabel 1,664. Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh thitung>ttabel yaitu 8,803>1,664. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode role playing hasil belajarnya lebih baik daripada pembelajaran dengan metode ceramah pada siswa kelas III dalam tema kegiatan jual beli di SDN Jember Kidul 04 Jember semester genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode role playing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas III tema Kegiatan Jual Beli di SDN Jember Kidul 04 semester genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran bagi guru dan pihak sekolah diharapkan menggunakan dan mendukung penggunaan metode role playing sebagai metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan sekolah, bagi peneliti lain diharapkan dapat digunakan lebih lanjut untuk mengetahui apakah metode role playing dapat diterapkan serta memberikan pengaruh positif yang lebih baik lagi pada hasil belajar mata pelajaran yang lain.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMetode Role Playingen_US
dc.subjectsil Belajar Siswa Kelas IIIen_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III TEMA KEGIATAN JUAL BELI DI SDN JEMBER KIDUL 04 TAHUN PELAJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record