dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Kidul 04 dengan subyek penelitian
yaitu seluruh siswa kelas III SDN Jember Kidul 04 yang terdiri dari kelas IIIA dan
IIIB yang berjumlah 96 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental
dengan pola pre-test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan
metode wawancara, dokumentasi dan tes yang berupa tes tulis pilihan ganda pada
pre-test dan post-test.
Sebelum diadakan proses pembelajaran dilakukan uji homogenitas dengan
menggunakan data hasil ulangan tengah semseter gasal tahun pelajaran 2015/2016.
Uji Homogenitas dilakukan menggunakan program statistik SPSS versi 14 dengan
taraf signifikansi 5%. Hasil uji t di atas, dapat diperoleh hasil sebesar 0,378.
Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan = 1,664. Hasil tersebut dapat
diketahui bahwa hasil < (0,378<1,664) sehingga keadaan kedua kelas
sebelum diadakan penelitian adalah homogen. Berdasarkan hasil pengundian kelas III
B yaitu kelas eksperimen sedangkan III A kelas kontrol, kelas kontrol dilakukan
pembelajaran konvensional tanpa menerapkan metode role playing, sedangkan pada
kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan menerapkan metode role playing.
Data yang diteliti berupa selisih antara skor pre-test dan post-test dari
masing-masing kelas baik kelas III B (eksperimen) maupun kelas III A (kontrol) data
tersebut kemudian dijadikan acuan untuk menganalisa perhitungan t-test.
Penghitungan t-test dilakukan dengan cara manual dan dengan menggunakan SPSS
versi 14, pada taraf signifikansi 5%. Hasil dari perhitungan tersebut menunjukkan
nilai thitung= 8,803. Nilai thitung kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan db = 94
pada taraf signifikansi 5% dan diperoleh ttabel 1,664. Berdasarkan analisis tersebut,
diperoleh thitung>ttabel yaitu 8,803>1,664. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pembelajaran dengan metode role playing hasil belajarnya lebih baik daripada
pembelajaran dengan metode ceramah pada siswa kelas III dalam tema kegiatan jual
beli di SDN Jember Kidul 04 Jember semester genap Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode role playing
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas III tema Kegiatan Jual Beli di SDN
Jember Kidul 04 semester genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran bagi guru dan
pihak sekolah diharapkan menggunakan dan mendukung penggunaan metode role
playing sebagai metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan
sekolah, bagi peneliti lain diharapkan dapat digunakan lebih lanjut untuk mengetahui
apakah metode role playing dapat diterapkan serta memberikan pengaruh positif yang
lebih baik lagi pada hasil belajar mata pelajaran yang lain. | en_US |