Show simple item record

dc.contributor.advisorMardiati, Yayuk
dc.contributor.advisorLathif, Misno A.
dc.contributor.authorSetiyawan, Johan Ade
dc.date.accessioned2016-08-16T04:23:13Z
dc.date.available2016-08-16T04:23:13Z
dc.date.issued2016-08-16
dc.identifier.nim120210204015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76544
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan (R&D) oleh Borg and Gall (dalam Gooch, 2012:86). Pada penelitian ini terdapat 7 tahap pengembangan media pembelajaran, yaitu (1) tahap analisis kebutuhan, (2) tahap desain produk, (3) tahap produksi/pelaksanaan pengembangan produk awal, (4) tahap validasi, (5) tahap revisi, (6) tahap uji coba, dan (7) tahap revisi akhir dan penyebaran. Pada penelitian ini tahap yang dilalui hanya sampai pada tahap uji coba karena tujuan utama pada penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kualitas media yang dikembangkan. Hasil pengembangan media pembelajaran yang diperoleh yaitu media pembelajaran dalam bentuk monopolis pada mata pelajaran IPS sub pokok bahasan aktifitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam untuk kelas IV sekolah dasar semester 2. Media pembelajaran monopolis telah dikategorikan baik karena telah memenuhi tiga kriteria, yaitu. 1. Valid, diperoleh dari hasil validasi oleh tiga validator dengan hasil menunjukkan kriteria sangat layak dari validator pertama atau ahli materi, validator ke dua dan ke tiga atau ahli media. Rata-rata nilai validasi dari ketiga validator sebesar 97,91% yang menunjukkan bahwa media monopolis yang dikembangkan termasuk dalam kategori media pembelajaran yang sangat layak. 2. Praktis, diperoleh dari hasil analisis angket pendapat murid mengenai media pembelajaran monopolis yang menunjukkan bahwa murid memberikan respon positif terhadap media monopolis. 3. Efektif, diperoleh dari hasil analisis aktivitas murid dan tes hasil belajar murid. Presentase aktivitas murid pada saat belajar menggunakan media monopolis menunjukkan kategori aktif, dan terdapat 89,47% murid dari jumlah murid secara keseluruhan yang mencapai ketuntasan belajar atau mencapai skor minimal 70 atau kategori baik. Berdasarkan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran monopolis, dapat disimpulkan bahwa media monopolis layak digunakan oleh guru maupun murid dalam proses pembelajaran IPS materi aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam kelas IV SD dan dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMedia Pembelajaran “Monopolis”en_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK “MONOPOLIS” PADA MATA PELAJARAN IPS SUB POKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI YANG BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SDN KEMUNINGSARI LOR 2 JEMBER TAHUN 2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record