Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Melalui Penggunaan Media Video pada Anak Kelompok A4 TK Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan karena media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi, sehingga mengakibatkan kemampuan menyimak cerita pada anak kelompok A4 belum berkembang dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita melalui penggunaan media video. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitiannya adalah anak kelompok A4 berjumlah 16 anak yang terdiri atas 8 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak cerita pada anak kelompok A4 TK mengalami peningkatan dengan kualifikasi sangat baik. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus 47,22, pada siklus I 63,02, dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33.
Collections
- SRA-Education [1352]