Show simple item record

dc.contributor.advisorTitik Sugiarti
dc.contributor.advisorNanik Yuliati
dc.contributor.authorWindy Zarina Agustina
dc.contributor.authorTitik Sugiarti
dc.contributor.authorNanik Yuliati
dc.date.accessioned2016-08-16T02:23:22Z
dc.date.available2016-08-16T02:23:22Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76513
dc.description.abstractPembelajaran Matematika menekankan pemberian pengalaman langsung kepada siswa agar siswa dapat terlibat aktif dan kreatif dalam pembelajaran karena menemukan konsep materi secara ilmiah. Berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas guru di SDN Tegalgede 01 Jember, diperoleh bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru, hal ini terlihat dari RPP yang digunakan guru, guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan, tanpa menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa, sehingga menyebabkan aktivitas belajar siswa kurang aktif (38,9% ) dan hasil belajar siswa cukup baik (62,75%),dengan masih banyaknya siswa yang mendapat nilai di bawah KKM, KKM untuk pelajaran matematika adalah 70. Salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika, agar pembelajaran matematika lebih bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tegalgede 01 Jember dengan penerapan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri dari 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan . Materi yang dibahas pada pertemuan I adalah bangun datar persegi panjang, segitiga, trapesium, sedangkan pada pertemuan II membahas bangun datar belah ketupat, layang-layang dan jajar genjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tegalgede 01 Jember dengan penerapan pendekatan saintifik. Aktivitas belajar siswa prasiklus sebesar 38,9% (tidak aktif), pada siklus I meningkat sebesar 62,75% ( aktif), dan pada siklus II meningkat sebesar 83,2% (sangat aktif). Skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar 67,4 (cukup baik), meningkat pada siklus I menjadi 80 (baik), dan pada siklus II menjadi 89,9 (baik). Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika, karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tegalgede 01 Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectpendekatan saintifik, aktivitas belajar, hasil belajar, kesebangunanen_US
dc.titlePenerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Kesebangunan Bangun Datar Siswa Kelas V SDN Tegalgede 01 Jemberen_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [983]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record