Show simple item record

dc.contributor.advisorNuriman
dc.contributor.advisorAgustiningsih
dc.contributor.authorVivin Ainul Rohmah
dc.contributor.authorNuriman
dc.contributor.authorAgustiningsih
dc.date.accessioned2016-08-16T01:18:38Z
dc.date.available2016-08-16T01:18:38Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76492
dc.description.abstractLatar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V pelajaran IPA materi benda dan sifatnya melalui model Children Learning In Science (CLIS) di SDN Mayangan 05 Gumukmas Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Mayangan 05 Gumukmas yang berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk spiral yang mengikuti model Hopkins dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,  wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan skor motivasi belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 13,15. Skor motivasi belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 78,39, dan pada siklus II sebesar 91,54. Skor hasil belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan yaitu 9,91. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 70,09, dan pada siklus II yaitu 80. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Children Learning In Science (CLIS)  dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran IPA materi benda dan sifatnya di SDN Mayangan 05 Gumukmas Tahun Pelajaran 2015/2016.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectmotivasi belajar, hasil belajar siswa. Model children learning in science (CLIS), penelitian tindakan kelas.en_US
dc.titlePeningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA Materi Benda dan Sifatnya Melalui Model Children Learning in Science (CLIS) di SDN Mayangan 05 Gumukmas Tahun Pelajaran 2015/2016en_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record