Show simple item record

dc.contributor.advisorHari Satrijono
dc.contributor.advisorNanik Yuliati
dc.contributor.authorUul Marifatul Amalia
dc.contributor.authorHari Satrijono
dc.contributor.authorNanik Yuliati
dc.date.accessioned2016-08-16T01:16:06Z
dc.date.available2016-08-16T01:16:06Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76491
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan teknik scramble susun paragraf yang dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman tentang cerita anak pada siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 serta untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman tentang cerita anak pada siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 setelah diterapkan teknik scramble susun paragraf. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 Puger Jember. Rendahnya hasil belajar dikarenakan siswa belum terbiasa belajar dengan dengan teknik pembelajaran scramble serta masih diterapkannya sistem pembelajaran yang berpusat pada guru. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah  bagaimanakah proses penerapan teknik scramble susun paragraf  yang dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman tentang cerita anak pada siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 serta bagaimanakah peningkatan hasil belajar membaca pemahaman tentang cerita anak pada siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01setelah diterapkan teknik scramble susun paragraf.. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan. observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 Puger Jember. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil  belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar meningkat dari prasiklus  57 menjadi 70 pada siklus I, sedangkan ke siklus II menjadi 87. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan teknik scramble dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahamanen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectMembaca pemahaman, hasil belajar siswa, teknik pembelajaran scramble.en_US
dc.titlePeningkatan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Tentang Cerita Anak Melalui PenerapanTeknik Scramble Susun Paragraf Pada Siswa Kelas IV SDN Kasiyan Timur 01en_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record