dc.description.abstract | Matematika merupakan ilmu yang mendasari perkembangan sains dan teknologi serta memiliki peranan penting dalam berbagai aspek, sehingga perlu dibelajarkan sejak dini. Hasil belajar siswa kelas V SDN Biting 01 masih rendah. Sebagian besar siswa beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan tidak menarik karena guru biasanya hanya menyampaikan materi dengan ceramah, mencatat dan penugasan tanpa mengahdirkan dunia yang nyata di kelas. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tindakan kelas dengan siswa kelas V sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang siswa kelas V SDN Biting 01 Jember dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa meningkat dari 68,7% pada siklus I menjadi 77, 9% pada siklus II dan aktivitas siswa juga meningkat dari 65,5 % pada silus I menjadi 78,5 % pada siklus II. Selain itu aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran matematika realistik juga mengalami peningkatan dari 70,5 pada siklus I menjadi 86,4 pada siklus II. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik pada pembelajaran matematika telah berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Biting 01 Jember. | en_US |