PENERAPAN TEORI BELAJAR VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT SEGIEMPAT SISWA KELAS V SDN ANTIROGO 01 JEMBER
Abstract
Penelitian dilaksanakan di SDN Antirogo 01 Jember. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah PTK. Dalam penelitian ini menggunakan 4 metode pengumpulan
data antara lain observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Sebelum melaksanakan
tindakan dilakukan observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa di kelas serta
data nilai ulangan matematika semester I. Penelitian tindakan dilaksanakan sejak
tanggal 1-15 Februari 2016 yang terdiri atas 2 siklus dimana masing-masing siklus
terdiri dari 2 pertemuan. Dalam pembelajaran siklus dilakukan observasi untuk
mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran. Setelah pelaksanaan siklus I
dilakukan refleksi, dari hasil refleksi tersebut ditemukan kekurangan-kekurangan
yang akan digunakan untuk pelaksanaan siklus selanjutnya. Penelitian ini
dilaksanakan minimal 2 siklus. Apabila setelah siklus II aktivitas dan hasil belajar
siswa belum meningkat, maka dilaksanakan siklus III.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori belajar Van Hiele pada
pokok bahasan sifat-sifat segiempat menggunakan lima fase pembelajaran yaitu: (1)
fase informasi; (2) fase orientasi terarah; (3) fase penjelasan; (4) fase orientasi bebas;
(5) fase integrasi. Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar
12,22% dimana persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 65,21%
meningkat menjadi 77,43% pada siklus II. Skor rata-rata hasil belajar siswa siklus I
ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 2,22 dari 68,75 pada siklus I menjadi
70,97 pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori belajar Van
Hiele pada pokok bahasan sifat-sifat segiempat menjadikan siswa lebih mudah
memahami pembelajaran serta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas V SDN Antirogo 01 Jember dalam pelajaran matematika. Saran dari peneliti
yaitu guru dapat menggunakan fase-fase teori belajar Van Hiele pada pembelajarn
geometri sebagai alternatif pembelajaran matematika dan upaya dalam peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa.