Show simple item record

dc.contributor.advisorMuchtar, Imam
dc.contributor.advisorRahayu
dc.contributor.authorArdiawati, Enis
dc.date.accessioned2016-08-15T08:22:19Z
dc.date.available2016-08-15T08:22:19Z
dc.date.issued2016-08-15
dc.identifier.nim120210204079
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76469
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ( Student Teams Achievement Division ) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB Tema Cita-citaku di SDN kebonsari 01 Jember semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB Tema Cita-citaku melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) di SDN kebonsari 01 Jember semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN Kebonsari 01 sebanyak 40 siswa yang terdiri atas 19 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh selama pelaksanaan siklus 1 dan 2 menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas IVB SDN Kebonsari 01 meningkat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada tema cita-citaku subtema giat berusaha meraih cita-cita pembelajaran 1. Skor rata-rata klasikal aktivitas belajar siswa pada siklus 1 mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 9,17 dari 61,87(cukup aktif) menjadi 71,04 (aktif) dan mengalami peningkatan pada siklus 2 sebesar 9,17 dari 71,04 (aktif) menjadi 80,21 (aktif). Skor rata-rata hasil belajar siswa pada penilaian pengetahuan, skor rata-rata klasikal hasil belajar siswa siklus 1 mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 13,93 dari 64,15(cukup) menjadi 78,08 (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus 2 sebesar 2,71 dari 78,08 (baik) menjadi 80,79 (sangat baik). Pada penilaian sikap, skor rata-rata klasikal hasil belajar siswa siklus 1 mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 3,33 dari 61,25 (cukup) menjadi 64,58 (cukup) dan mengalami peningkatan pada siklus 2 sebesar 13,12 dari 64,58 (cukup) menjadi 77,7 (baik). Pada penilaian keterampilan, skor rata-rata klasikal hasil belajar siswa siklus 1 mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 3,28 dari 76,87 (baik) menjadi 80,15 (sangat baik) dan mengalami peningkatan pada siklus 2 sebesar 3,13 dari 80,15 (sangat baik) menjadi 83,28 (sangat baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB di SDN Kebonsari 01 Jember. Saran bagi guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang inovatif sehingga dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran di sekolah, sedangkan untuk peneliti lain hendaknya melakukan pengembangan mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division)en_US
dc.subjectPeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB TEMA CITA-CITAKU DI SDN KEBONSARI 01 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record