dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu ada tidaknya hubungan antara
kemampuan verbal dengan prestasi belajar siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Tahun
Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini, menggunakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan
kuantitatif sehingga data-data yang digunakan adalah data-data yang berbentuk
angka-angka. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, wawancara,
dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, rumus yang digunakan adalah korelasi
product moment.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang
merupakan data utama dalam penelitian ini. Skor tes siswa berupa nilai hasil tes
verbal. Hasil perhitungan dengan rumus korelasi product moment diperoleh r-empiris
= 0,588, harga ini kemudian dibandingkan dengan r-tabel dengan N = 33 pada taraf
signifikansi 5% sehingga diperoleh rt = 0,344. Diperoleh rempiris > rt (0,588 > 0,344),
dengan demikian hipotesis alternatif (H1) yang berbunyi ada Ada hubungan yang
positif antara kemampuan verbal dengan prestasi belajar siswa kelas V SDN
Kebonsari 03 tahun pelajaran 2015/2016 diterima.
Berdasarkan hasil perhitungan, bagi peneliti adalah dengan penelitian ini,
diharapkan peneliti lebih memahami bahwa bahasa mempengaruhi prestasi belajar
siswa. Oleh sebab itu, diharapkan peneliti kelak lebih berhati-hati dengan bahasa
yang digunakan saat telah menjadi pendidik. | en_US |