PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KREDIT MODAL KERJA TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BRI KEBONDALEM KECAMATAN BANGOREJO KABUPATEN BANYUWANGI
View/ Open
Date
2015Author
Sheila May Rezita
Drs. Bambang Suyadi
M.Si, Dr. Sri Kantun, M. Ed
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kredit modal kerja terhadap kepuasan nasabah di BRI Unit Kebondalem Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode random sampling, yaitu sebanyak 80 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan kredit modal kerja terhadap kepuasan nasabah di BRI Kebondalem Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi. Hal tersebut dibuktikan kontribusi pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 75,1%. Sedangkan sisanya yaitu 24,9% dipengaruhi variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian seperti suku bunga kredit modal kerja dan lokasi BRI Kebondalem. Jadi, kualitas pelayanan kredit modal kerja memberikan pengaruh yang nyata terhadap kepuasan nasabah, karena di pihak BRI Unit Kebondalem dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, seperti customer service siap, tepat, dan dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada nasabah, dapat dengan cepat melayani maupun menanggapi keluhan nasabah, mampu memberikan informasi yang jelas dan sopan kepada pengambil kredit, serta kredit yang dapat diambil sekaligus, customer service dapat memberikan informasi kredit dengan lengkap, jelas, sabar, dan penuh perhatian dengan tidak bermalas-malasan, serta formulir pengambilan kredit yang lengkap, mudah untuk diisi, dan penampilan karyawan yang menarik.
Collections
- SRA-Education [1352]