dc.description.abstract | Strategi picture and picture merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan gambar dalam proses pembelajaran yaitu dengan cara memasangkan/mengurutkan, mengidentifikasi gambar-gambar menjadi urutan yang logis. Strategi picture and picture dipilih untuk mengatasi permasalahan keterampilan berbicara terutama keruntutan dan kelancaran dalam menjelaskan petunjuk menggunakan alat karena dengan strategi picture and picture siswa lebih mudah menjelaskan di depan kelas karena siswa lebih mudah menghafal dan memahami jika mereka melihat gambar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran picture and picture yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Gebang 04 Jember tahun pelajaran 2015/2016 dan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV melalui penerapan strategi picture and picture di SDN Gebang 04 Jember tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek seluruh siswa kelas IV SDN Gebang 04 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Hasil tes dalam penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi picture and picture, keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Gebang 04 Jember tahun pelajaran 2015/2016 meningkat. Nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 59, pada siklus I meningkat sebesar 9 poin sehingga menjadi 68 dan ada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 17 point dari siklus I, sehingga rata-rata menjadi 83. Sementara itu, skor untuk setiap aspek juga meningkat dari tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi picture and picture, keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Gebang 04 Jember tahun pelajaran 2015/2016 dapat meningkat. | en_US |