Show simple item record

dc.contributor.advisorHandayani, Sri
dc.contributor.advisorUmanah, Nurul
dc.contributor.authorHakim Al Mubarok, Tibyan
dc.date.accessioned2016-08-11T08:43:36Z
dc.date.available2016-08-11T08:43:36Z
dc.date.issued2016-08-11
dc.identifier.nim090210302100
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76406
dc.description.abstractPondok Pesantren sebagai salah satu kekayaan budaya umat Islam mempunyai karakteristik Indonesia. Pada awalnya lembaga pendidikan Islam yang bersifat tradisional memiliki ciri-ciri yaitu adanya kyai yang kharismatik, pondok, masjid dan santri. Pesantren juga dikatagorikan sebagai lembaga sosial dimana para santri tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan seorang kyai. Dalam perkembangan berikutnya pesantren mampu mewarnai lingkungan yang ada di sekitarnya. Pesantren tidak hanya untuk penginapan saja tetapi juga sebagai tempat menimba ilmu. Pondok pesantren Nurul Islam merupakan salah satu pondok pesantren yang cukup terkenal di Kabupaten Jember. KH. Muhyidin Abdussomad sebagai pendiri pondok pesantren terus melakukan perubahan dan pengembangan pendidikan dari yang sederhana menjadi menjadi sistem yang modern. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana sejarah berdirinya pondok pesantren Nurul Islam; (2) bagaimana perkembangan pondok pesantren Nurul Islam tahun 1981-2014; (3) bagaimana kepemimpinan KH. Muhyidin Abdussomad di pondok pesantren Nurul Islam?. Tujuan yang ingin dicapai penulis adalah (1) untuk mendeskripsikan sejarah berdirinya pondok pesantren Nurul Islam Jember; (2) untuk menganalisis berbagai faktor perkembangan yang terdapat pada pondok pesantren Nurul Islam sehingga akan diketahui adanya perubahan yang terjadi di pondok pesantren Nurul Islam; (3) untuk menganalisis kepemimpinan KH. Muhyidin Abdussomad di pondok pesantren Nurul Islam. Manfaat yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah memperkaya pengetahuan kajian sejarah lokal, menambah wawasan siswa, dan dapat memberikan masukan kepada pondok pesantren Nurul Islam dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya. Peneliti menggunakan pendekatan sosiologi agama dan teori kepemimpinan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian sejarah yaitu: heuristik, kritik, interpretasi, historiografi. Pondok pesantren Nurul Islam didirikan oleh KH. Muhyidin Abdussomad pada tahun 1981. Setelah KH. Muhyidin menikah dengan Nyai Fatimah dan setahun kemudian pindah ke Desa Antirogo dengan maksud memanfaatkan tanah warisan yang diberikan orang tua beliau sekitar 5 hektar. KH. Muhyidin Abdussomad mendirikan pondok pesantren Nurul Islam tersebut untuk menyiarkan agama islam, selain itu beliau juga membangun masjid di dekat kediamannya agar masyarakat bisa menggunakannya sebagai tempat beribadah. Perkembangan yang terjadi di pondok pesantren Nurul Islam adalah buah kerja keras dan semangat yang dilakukan KH. Muhyidin Abdussomad. Perkembangan yang nampak dari pondok pesantren Nurul Islam adalah sistem pengajaran yang awalnya sederhana berkembang menjadi sistem modern, pendirian sekolah formal dari tingkat dasar sampai tingkat menengah, serta santri dan sarana prasarana yang terus berkembang. Sebagai seorang pemimpin di pondok pesantren Nurul Islam KH. Muhyidin Abdussomad mempunyai kepribadian yang berkualitas, peranannya sebagai pemimpin, pengasuh, dan pengajar merupakan contoh konkrit ketinggian ilmu yang senantiasa di praktekan dalam setiap aktivitasnya. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka penulis dapat mengajuakan beberapa saran, yaitu; hendaklah memperkaya pengetahuan kajian sejarah lokal, penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan referensi untuk penelitian-penelitian selanjutnya, dan diharapkan dapat mengembangkan potensi pondok pesantren.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPONDOK PESANTREN NURUL ISLAMen_US
dc.subjectKH. MUHYIDIN ABDUSSOMADen_US
dc.titlePERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM DIBAWAH KEPEMIMPINAN KH. MUHYIDIN ABDUSSOMAD TAHUN 1981-2014en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record