Show simple item record

dc.contributor.advisorMutiah, Arju
dc.contributor.advisorWidjajanti, Anita
dc.contributor.authorNURHANDAYANI, Susi
dc.date.accessioned2016-08-11T08:25:58Z
dc.date.available2016-08-11T08:25:58Z
dc.date.issued2016-08-11
dc.identifier.nim110210402069
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76399
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kompetensi siswa dalam menulis teks berita yang rendah yang terjadi di kelas VIIIG SMPN 1 Wuluhan. Berdasarkan observasi awal di kelas VIIIG SMP Negeri 1 Wuluhan diketahui beberapa masalah. Pertama dari beberapa kompetensi menulis yang diajarkan di kelas VIIIG misalnya menulis surat dinas, menulis laporan, menulis petunjuk pelaksanaann, dan menulis rangkuman, serta menulis teks berita, hasil yang paling rendah adalah kompetensi menulis teks berita. Nilai rata-rata menulis teks berita menujukkan nilai 68,47 dan berkatagori cukup. Kedua proses pembelajaran menulis teks berita di kelas VIIIG terlihat siswa kurang tertarik dan pasif. Ketiga pada kegiatan diskusi tampak siswa yang masih berlari kesana-kemari melihat jawaban kelompok lain, berbicara sendiri dengan anggota kelompok dan hampir tidak ada siswa yang menunjukkan sikap kerjasama antarkelompok. Penelitian ini mengangkat permasalahan; (1) bagaimanakah penerapan metode concept sentence, (2) bagaimanakah peningkatan kompetensi menulis teks berita siswa setelah penerapan metode concept sentence (3) bagaimanakah perubahan sikap siswa dalam pembelajaran menulis teks berita. Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan dari penelitian ini adalah; (1) mendeskripsikan penerapan metode concept sentence, (2) meningkatkan kompetensi menulis teks berita, (3) mendeskripsikan perubahan sikap siswa dalam pembelajaran menulis teks berita. Rancangan penelititian ini adalah penelitian kualitatif dengan Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil peneitian, menunjukkan bahwa penerapan metode concept sentence pada pembelajaran menulis teks berita dapat dikatakan maksimal.Penerapan metode concept sentence pada pembelajaran menulis teks berita dapat membantu siswa dalam menulis teks berita dan teks berita yang dibuat siswa menjadi lebih baik jika dibandingkan dengan pada prasiklus. Setelah diterapkannya metode concept sentence pada pembelajaran menulis teks berita di kelas VIIIG SMPN 1 Wuluhan kemampuan menulis teks berita siswa menjadi meningkat dan perilaku siswa berubah menjadi baik. Pada siklus I kemampuan menulis teks berita siswa meningkat dengan katagori cukup dengan nilai rata-rata 69,83. Nilai ini mengalami peningkatan dari tahap prasiklus yakni 68,47 atau katagori cukup. Pada siklus II kemampuan menulis teks berita meningkat dengan katagori baik dengan nilai rata-rata 82,7. Peningkatan kemampuan siswa juga dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang tuntas (mendapat nilai ≥75). Pada tahap prasiklus sebanyak 25 siswa (69,4%) masih belum tuntas, sedangkan siswa yang tuntas hanya 11 siswa (30,6%). Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat sebanyak 21 siswa (58,3%) sedangkan sisanya, yakni sebanyak 15 siswa (41,7%) belum tuntas. Peningkatan pada siklus I dikatakan belum maksimal karena masih belum memenuhi ketentuan kelulusan klasikal, maka dilaksanakan siklus II. Pada siklus II sebanyak 30 siswa (83,3%) dapat tuntas sedangkan sisanya, yakni sebanyak 6 siswa (16,7%) belum tuntas. Pada tahap prasiklus nilai sikap siswa dalam katagori kurang. Pada pelaksanaan siklus I sikap siswa yang diamati menunjukkan perubahan. Sikap siswa pada siklus I mendapat mendapat katagori cukup. Pada siklus II hasil penilaian sikap siswa juga mengalami perubahan, penilaian terhadap sikap siswa pada siklus II mendapat katagori baik. Berdasarkan hasil penelitian maka, dapat dikemukakan beberapa saran sebagai berikut; 1) guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kelas VIIIG SMP Negeri 1 Wuluhan, hendaknyalebih memperhatikan siswa yang tidak memnpunyai minat pada kegiatan menulis dan mennumbuhkan rasa suka atau tertarik pada kegiatan menulis, 2) siswa hendaknya selalu berlatih menulis teks berita dan menulis teks yang lain agar dapat menumbuhkan minat untuk menulis, 3) peneliti lain, hendaknya memperhatikan pemilihan kata kunci yang diberikan kepada siswa agar pembelajaran yang sesuai denngan yang diinginkan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMENULIS TEKS BERITAen_US
dc.subjectCONCEPT SENTENCEen_US
dc.titleMENINGKATKAN KOMPETENSI MENULIS TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONCEPT SENTENCE SISWA KELAS VIIIG SMP NEGERI 1 WULUHANen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record