Show simple item record

dc.contributor.advisorBEKTIARSO, Singgih
dc.contributor.advisorAGUSTININGSIH
dc.contributor.authorMARDIYANA, Yulia
dc.date.accessioned2016-08-11T02:47:42Z
dc.date.available2016-08-11T02:47:42Z
dc.date.issued2016-08-11
dc.identifier.nimNIM120210204126
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76357
dc.description.abstractHasil penelitian menunjukan bahwa persentase aktivitas belajar siswa pada pra siklus secara klasikal sebesar 56,58% (kategori cukup), pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 75,32% (kategori aktif) dan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus II secara klasikal sebesar 91,35% (kategori sangat aktif). Data persentase ketuntasan hasil belajar pada pra siklus secara klasikal sebesar 69,86% (kategori cukup), pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 83,03% (kategori sangat baik) dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 90,49% (kategori sangat baik). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Learning Cycle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2015/2016 pada materi sumber daya alam. Berdasarkan hasil kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini ada beberapa saran yaitu bagi guru, dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar; bagi siswa, dapat menumbuhkan keingintahuan siswa sehingga meningkatkan aktivitas dan hasil belajar; bagi peneliti lain, dapat menemukan sesuatu yang baru dan bermanfaat untuk masyarakat umum dan dunia pendidikan khususnya sehingga dapat menciptakan kreativitas dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210204126;
dc.subjectAKTIVITAS DAN HASIL BELAJARen_US
dc.subjectMODEL LEARNING CYCLEen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL LEARNING CYCLE MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SDN SUMBERSARI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record