dc.description.abstract | Pembelajaran bahasa Indonesia diberikan melalui empat aspek yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Menulis merupakan keterampilan dalam menuangkan ide, pikiran, dan perasaan dalam bahasa tulis. Salah satu kompetensi yang harus dicapai oleh siswa kelas V sekolah dasar adalah keterampilan menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat. Pembelajaran menulis puisi diberikan kepada siswa sekolah dasar agar siswa dapat mengekspresikan pikirannya melalui bahasa yang indah dalam puisi.
Hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis puisi masih rendah. Pembelajaran yang dilakukan cenderung berpusat pada guru. Selain itu, siswa merasa kesulitan dalam menggunakan diksi dengan baik. Selanjutnya untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, digunakan salah satu model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI), karena dengan tipe TAI siswa dapat menulis puisi menggunakan diksi dengan baik.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakan langkah-langkah mengguakan tipe team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VA SDN Sumbersari 01 Jember? dan (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi siswa setelah diterapkan tipe team assisted individualization (TAI) pada siswa kelas VA SDN Sumbersari 01 Jember? Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan tipe team assisted individualization (TAI) yang dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VA SDN Sumbersari 01 Jember dan (2) untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi setelah diterapkan tipe team assisted individualization (TAI) pada siswa kelas VA SDN Sumbersari 01 Jember.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil dan pembahasan pada penelitian ini, penerapan tipe team assisted individualization (TAI) yang dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa adalah adanya peningkatan dari tahap prasiklus ke siklus I, yaitu terdapat 19 siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 dan pada siklus II yang merupakan perbaikan dari siklus I, terdapat 27 siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70.
Berdasarkan hasil kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini, ada beberapa saran yaitu: bagi guru, tipe team assisted individualization (TAI) ini diharapkan dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, bagi siswa diharapkan dapat saling membantu dan bertanggung jawab satu sama lain, dan bagi peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan dapat bermanfaat bagi orang banyak. | en_US |