Show simple item record

dc.contributor.advisorM. Sulthon Masyhud
dc.contributor.advisorRahayu
dc.contributor.authorNur Asiyah
dc.contributor.authorM. Sulthon Masyhud
dc.contributor.authorRahayu
dc.date.accessioned2016-08-11T01:44:13Z
dc.date.available2016-08-11T01:44:13Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76324
dc.description.abstractMetode problem solving merupakan metode pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk menyelesaikan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari dengan pemecahan yang terbaik. Penerapan metode problem solving berbantuan media flashcard akan memberikan gambaran secara jelas tentang permasalahan peraturan perundang-undangan yang akan didiskusikan melalui kegiatan diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif yang signifikan dari penerapan metode problem solving berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran PKn pokok bahasan peraturan perundang-undangan di SDN Kepatihan 06 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepatihan 06 Jember dengan subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas V yang terdiri dari kelas VA dan VB yang berjumlah 78 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan pola pre- test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa tes obyektif pada pre-test dan post-test. Skor tes siswa berupa selisih antara nilai rata-rata pre-test dan post-test pada kelas eksperimen yaitu 18,789 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 8,75. Data tersebut kemudian dianalisis dengan uji-t menggunakan program SPSS versi 14.00, diperoleh hasil t-hitung sebesar 7,260. Nilai keefektifan relatif (ER) yaitu 72, 908%. Hasil perhitungan uji-t di konsultasikan dengan t-tabel pada db = 76, taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh nilai t-tabel = 1,6675; dapat diketahui bahwa t-hitung > t-tabel (7,260 > 1,6675), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan dari penerapan metode problem solving berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran PKn pokok bahasan peraturan perundang-undangan di SDN Kepatihan 06 Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectmetode problem, flashcard , hasil belajar, penelitian eksperimentalen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Metode Problem Solving Berbantuan Media Flashcard terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Peraturan Perundang-undangan di SDN Kepatihan 06 Jemberen_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record