• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES DI SMAN 4 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    RIVALIA ANGGRAINI 110210102092-1.pdf (652.7Kb)
    Date
    2016-08-10
    Author
    ANGGRAINI, RIVALIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang valid, mengetahui Keterampilan Proses siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan LKS berbasis Keterampilan Proses., dan mengetahui respon siswa setelah menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Keterampilan Proses. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa berbasis Keterampilan Proses di SMAN 4 Jember. Pengembangan LKS berbasis Keterampilan Proses menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi dan angket respon siswa. Metode perolehan data yang digunakan adalah validasi logic, observasi, dan pemberian angket. Data yang didapatkan adalah validasi logic, respon siswa. Hasil validasi logic untuk LKS berbasis Keterampilan Proses adalah 3,8; sehingga LKS berbasis Keterampilan Proses memenuhi kriteria cukup valid dan dapat digunakan sebagai uji coba pengembangan. Selanjutnya untuk keterampilan proses sains yang datanya diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan belajar mengajar berlangsung, yaitu sebanyak 4 kali pertemuan dan portofolio berupa isian LKS berbasis Keterampilan Proses diperoleh persentase rata-rata keterampilan proses sebesar 84,7% dan tergolong ke dalam kriteria baik. Sedangkan untuk respon yang diberikan siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan LKS berbasis keterampilan proses pada materi Dinamika Partkel ini tergolong senang atau memberikan respon yang positif. Kesimpulan pada penelitian ini antara lain, kualitas LKS berbasis Keterampilan Proses dapat dikatakan baik; respon siswa terhadap LKS berbasis Keterampilan Proses adalah positif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76297
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository