Show simple item record

dc.contributor.advisorYulianti, Nanik
dc.contributor.advisorLathif, Misno
dc.contributor.authorATMOJO, Neni Dwi
dc.date.accessioned2016-08-10T08:40:12Z
dc.date.available2016-08-10T08:40:12Z
dc.date.issued2016-08-10
dc.identifier.nim120210205088
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76295
dc.description.abstractMenyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi serta interprestasi untuk memperoleh informasi dan menangkap isi pesan dan memahami makna komunikasi yang disampaikan oleh pembicara. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di TK Lestari Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Kelompok B1 yang terdiri atas 26 anak terdapat 16 anak yang kemampuan menyimaknya masih kurang. Hal tersebut terlihat ketika guru menerapkan metode bercerita dan meminta anak untuk menceritakan kembali isi cerita anak tidak dapat menceritakan kembali isi cerita karena malu dan tidak berani untuk bercerita kembali dan ketika guru bertanya tentang tokoh-tokoh yang terkandung dalam cerita anak-anak masih bingung untuk menjawabnya karena pemunculan karakter tokoh dalam cerita masih kurang jelas, untuk mengatasi masalah di atas maka digunakalah metode bercerita. Metode bercerita adalah suatu cara menyampaikan materi pembelajaran melalui kisah-kisah atau cerita yang dapat menarik peserta didik. Penggunaan metode bercerita dalam pembelajaran dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk variasi dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak karena bercerita merupakan kegiatan yang disenangi oleh anak dan dapat menarik minat belajar anak. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok B1 di TK Lestari Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?; dan 2) bagaimanakah peningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok B1 melalui metode bercerita di TK Lestari Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini : 1) mendeskripsikan penerapan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok B di TK Lestari Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember; dan 2) meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok B1 melalui metode bercerita di TK Lestari Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan di TK Lestari Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Subjek Penelitian adalah kelompok B1 yang terdiri atas 26 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penerapan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok B1 dilaksanakan melalui 2 siklus. Siklus I pertemuan 1 dan 2 diawali dengan kegiatan pembukaan, bercakap-cakap, membacakan cerita, melaksanakan tes, dan pemberian tugas. Pelaksanaan siklus II sama dengan siklus I tetapi cerita yang dibacakan dan tugas yang diberikan berbeda. Peningkatan kemampuan menyimak anak kelompok B1 setelah dilakukan tindakan hasilnya adalah 63,84 pada prasiklus, siklus I pertemuan I 73,40, siklus I pertemuan II 75,32, kemudian 81,41 pada siklus II. Saran bagi guru adalah: guru hendaknya lebih sering menerapkan metode bercerita dalam pembelajaran guna untuk melatih konsentrasi anak dan meningkatkan kemampuan menyimak anak; guru-guru selain kelompok B1 hendaknya juga menerapkan metode bercerita dalam pembelajaran guna untuk melatih konsentrsi dan meningkatkan kemampuan menyimak anak.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMenyimaken_US
dc.subjectMetode Berceritaen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK B1 MELALUI METODE BERCERITA DI TK LESTARI PALERAN KECAMATAN UMBULSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record