dc.description.abstract | Menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang
lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi serta interprestasi untuk
memperoleh informasi dan menangkap isi pesan dan memahami makna
komunikasi yang disampaikan oleh pembicara.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di TK Lestari Paleran
Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Kelompok B1 yang terdiri atas 26 anak
terdapat 16 anak yang kemampuan menyimaknya masih kurang. Hal tersebut
terlihat ketika guru menerapkan metode bercerita dan meminta anak untuk
menceritakan kembali isi cerita anak tidak dapat menceritakan kembali isi cerita
karena malu dan tidak berani untuk bercerita kembali dan ketika guru bertanya
tentang tokoh-tokoh yang terkandung dalam cerita anak-anak masih bingung
untuk menjawabnya karena pemunculan karakter tokoh dalam cerita masih
kurang jelas, untuk mengatasi masalah di atas maka digunakalah metode bercerita.
Metode bercerita adalah suatu cara menyampaikan materi pembelajaran
melalui kisah-kisah atau cerita yang dapat menarik peserta didik. Penggunaan
metode bercerita dalam pembelajaran dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk
variasi dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak karena bercerita
merupakan kegiatan yang disenangi oleh anak dan dapat menarik minat belajar
anak.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan
metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok B1
di TK Lestari Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?; dan 2) bagaimanakah peningkatkan kemampuan menyimak anak
kelompok B1 melalui metode bercerita di TK Lestari Paleran Kecamatan
Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini :
1) mendeskripsikan penerapan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan
menyimak anak kelompok B di TK Lestari Paleran Kecamatan Umbulsari
Kabupaten Jember; dan 2) meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok
B1 melalui metode bercerita di TK Lestari Paleran Kecamatan Umbulsari
Kabupaten Jember.
Penelitian ini dilakukan di TK Lestari Paleran Kecamatan Umbulsari
Kabupaten Jember. Subjek Penelitian adalah kelompok B1 yang terdiri atas 26
anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara,
dokumentasi dan tes.
Penerapan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan menyimak
anak kelompok B1 dilaksanakan melalui 2 siklus. Siklus I pertemuan 1 dan 2
diawali dengan kegiatan pembukaan, bercakap-cakap, membacakan cerita,
melaksanakan tes, dan pemberian tugas. Pelaksanaan siklus II sama dengan siklus
I tetapi cerita yang dibacakan dan tugas yang diberikan berbeda. Peningkatan
kemampuan menyimak anak kelompok B1 setelah dilakukan tindakan hasilnya
adalah 63,84 pada prasiklus, siklus I pertemuan I 73,40, siklus I pertemuan II
75,32, kemudian 81,41 pada siklus II.
Saran bagi guru adalah: guru hendaknya lebih sering menerapkan metode
bercerita dalam pembelajaran guna untuk melatih konsentrasi anak dan
meningkatkan kemampuan menyimak anak; guru-guru selain kelompok B1
hendaknya juga menerapkan metode bercerita dalam pembelajaran guna untuk melatih konsentrsi dan meningkatkan kemampuan menyimak anak. | en_US |