PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ONLINE BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Abstract
Kemajuan  Teknologi  dan  Informasi  telah  membawa  dampak  yang  sangat besar di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk bidang pendidikan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada bidang pendidikan dimanfaatkan sebagai salah satu alat bantu atau media yang digunakan dalam proses belajar mengajar atau dapat juga disebut sebagai media pembelajaran. Alat bantu atau media dalam proses belajar mengajar dimaksudkan untuk  mempermudah penyampaian  pesan,  informasi,  atau  materi  pelajaran  kepada  siswa.  Contoh  dari media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk membantu pelaksanakan pembelajaran matematika adalah software komputer,   salah  satu software komputer yang dapat dan cocok digunakan adalah GeoGebra. GeoGebra adalah software matematika yang dikemas praktis dan mudah digunakan untuk pembelajaran dan pengajaran pada seluruh jenjang pendidikan. Oleh karana itu penelitian pengembangan media pembelajaran berbantuan GeoGebra dilakukan dan juga disajikan secara Online pada materi bangun ruang sisi datar. Dengan menggunakan bantuan software GeoGebra dalam pembelajaran pada materi bangun ruang diharapkan materi dapat tersampaikan secara jelas melalui visualisasi- visualisasi, animasi dan  gerakan  yang digunakan dan  juga keterlibatan pengguna dalam prosesnya dapat meningkatkan pemahaman siswa.
Proses dalam pengembangan media pembelajaran interaktif online berbantuan software geogebra pada materi bangun ruang menggunkan Model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran.
Kegiatan pengembangan media pembelajaran interaktif online berbantuan software GeoGebra pada materi bangun ruang menghasilkan   sebuah media pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Valid ditunjukkan dari tahap validasi, validator memberikan nilai 0.84 untuk media pembelajaran ini yang mengkategorikan media ini dalam kategori sangat tinggi. Praktis secara teoritis ditunjukkan dari hasil validasi yang tinggi, sedangkan praktis secara praktek ditunjukkan dari presentase angket respon siswa yang memperoleh nilai 85% dan menjadikan media pembelajaran ini dalam kategori sangat baik. Efektif ditunjukkan dari tes hasil belajar siswa, dimana siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM adalah sebanyak 85,7% dan melebihi kriteria minimal   keefektifan   media pembelajaran.
