Show simple item record

dc.contributor.advisorSuhartiningsih
dc.contributor.advisorLathif, Misno A
dc.contributor.authorHALIM, ELSA FITRIANI
dc.date.accessioned2016-08-10T06:49:53Z
dc.date.available2016-08-10T06:49:53Z
dc.date.issued2016-08-10
dc.identifier.nim110210204083
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76258
dc.description.abstractPembelajaran Bahasa Indonesia memegang peranan penting dalam pendidikan sebagai penunjang keberhasilan semua mata pelajaran. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis. Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa kelas IV semester 2 dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah menulis karangan narasi tentang berbagai topik sederhana. Kenyataannya, pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya menulis karangan narasi, tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan. Hal ini dibuktikan dari hasil Ulangan Harian Tema 2 Pembelajaran 1 Subtema 3, pada kelas IVA sebanyak 58,3% siswa dan kelas IVB sebanyak 64,7% siswa mendapatkan nilai di bawah KKM (65). Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa adalah dengan menerapkan pendekatan Whole Language tipe Journal Writing agar siswa dapat terbiasa mengungkapkan pikirannya dalam bentuk tulisan yang kemudian membantunya untuk mengembangkan kemampuan menulis. Berdasarkan latar belakang tersebut, masalah dari penelitian ini adalah adakah beda pengaruh penerapan pendekatan Whole Language tipe Journal Writing dan metode ceramah terhadap keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas IV SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan beda pengaruh penerapan pendekatan Whole Language tipe Journal Writing dan metode ceramah terhadap keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas IV SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan di SDN Patrang 01 Jember. Subjeknya adalah siswa kelas IVA dan kelas IVB yang masing-masing berjumlah 34 anak. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen Semu (Quasi Eksperiment) dengan desain Nonequivalent Control Group. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas yang diperoleh dari nilai Ulangan Harian Tema 2. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan nilai thitung = 0,25 kemudian dibandingkan dengan ttabel dengan db = 66 pada taraf signifikansi 5% diperoleh 1,998. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa thitung < ttabel (0,25 < 1,998) yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPENDEKATAN WHOLE LANGUAGEen_US
dc.subjectTIPE JOURNAL WRITINGen_US
dc.subjectMETODE CERAMAHen_US
dc.subjectKETERAMPILAN MENULIS NARASI EKSPOSITORISen_US
dc.titleBEDA PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE TIPE JOURNAL WRITING DAN METODE CERAMAH TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS SISWA KELAS IV SDN PATRANG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record